Resep Pastel Renyah yang Bisa Manjain Lidah

Mina Chambers   21/06/2020 12:32

Pastel Renyah
Pastel Renyah

Lagi mencari ide resep pastel renyah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pastel renyah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pastel renyah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pastel renyah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Cara buat pastel super renyah dari kulit pastry yang dibuat sendiri dari bahan terigu, margarin dan mentega putih. Pastel ini tahan lama crunchy-nya meskipun. Udah lama banget pengen bikin pastel ini, karena ini cemilan favorit dari kecil.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pastel renyah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pastel Renyah menggunakan 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pastel Renyah:
  1. Siapkan Bahan Kulit:
  2. Siapkan 375 gr tepung terigu
  3. Sediakan 1/2 sdt garam
  4. Ambil 1/2 sdt kaldu bubuk
  5. Gunakan 75 gr margarin
  6. Ambil 1 butir telur ukuran kecil
  7. Ambil 100 ml air hangat
  8. Sediakan Bahan isian:
  9. Siapkan 1 buah wortel ukuran besar, potong dadu
  10. Siapkan 3 buah kentang, potong dadu
  11. Gunakan 2 batang daun bawang, iris halus
  12. Gunakan 1 buah bawang bombay, iris halus
  13. Ambil 50 ml air
  14. Sediakan Bumbu halus:
  15. Siapkan 4 siung bawang putih
  16. Ambil 2 butir kemiri
  17. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  18. Gunakan 1/2 sdm garam
  19. Gunakan 1 sdt kaldu jamur

Setelah pastel matang, sebaiknya tiriskan hingga minyak benar-benar turun semua. Setelah itu, pindahkan pastel ke atas tisu peniris supaya bisa menyerap minyak lebih baik. Pastel buatanmu jadi renyah dan enak. Itulah beberapa tips membuat kulit pastel yang renyah.

Cara membuat Pastel Renyah:
  1. Bahan isian: tumis bumbu halus hingga harum, kemudian tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan air. Setelah itu masukkan wortel & kentang, masukkan garam & kaldu bubuk, tes rasa. Masak hingga air surut, kentang & wortel empuk. Setelah itu, masukkan daun bawang. Angkat, sisihkan.
  2. Bahan kulit: campur semua bahan, aduk rata menggunakan tangan. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai terasa pas (saya pas menggunakan air hangat sebanyak 100ml). Uleni hingga kalis.
  3. Tutup adonan dengan serbet, istirahatkan selama 30 menit. Bagi adonan sekitar 30 gr (untuk 20 pcs pastel), gilas, berisi isian, tutup & puntir-puntir pinggiran adonannya.
  4. Goreng dengan minyak panas & banyak, gunakan api sedang. Goreng hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Lihat juga resep Pastel goreng renyah enak lainnya. Resep Kue Kulit Pastel Gurih dan Renyah adalah kue yang semacam pasty yang dibuat dengan menaruh atau meletakkan isian di atas adonan. Kemudian adonan tersebut dibungkus atau ditutup rapat lalu digoreng sampai kelihatan agak kecoklatan. Untuk isian dari kue pastel tersebut sangat beragam, ada yang menggunakan abon, ada yang menggunakan campuran bumbu (seperti sla yang ada telur dan wortelnya. Hai, saya share ya pastel yang enak renyah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pastel renyah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved