Bagaimana Membuat Mangut Ikan Kerapu Macan yang Lezat Sekali

Jeffery Phillips   25/08/2020 18:15

Mangut Ikan Kerapu Macan
Mangut Ikan Kerapu Macan

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan kerapu macan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan kerapu macan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) adalah sejenis kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik. Bersama-sama dengan kerapu kertang, ikan ini merupakan ikan tangkap yang populer di Nusantara. Ikan yang berstatus terancam punah karena rusaknya habitat ini menghuni perairan terbuka, laut dangkal, kawasan pasang-surut, terumbu karang, dan laguna pantai.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan kerapu macan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut ikan kerapu macan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut ikan kerapu macan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Kerapu Macan memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut Ikan Kerapu Macan:
  1. Ambil 2 ekor ikan kerapu macan ukuran sedang
  2. Ambil 100 ml santan kelapa
  3. Ambil Bumbu halus :
  4. Sediakan 7 cabe merah keriting
  5. Sediakan 7 siung bawang putih
  6. Ambil 5 siung bawang merah
  7. Gunakan 1 ruas jari kencur
  8. Gunakan Bumbu iris :
  9. Sediakan 5 cabe hijau keriting
  10. Siapkan 9 cabe rawit merah
  11. Gunakan 2 iris laos
  12. Ambil 1 buah tomat besar
  13. Ambil 4 lembar daun salam
  14. Gunakan Bumbu tambahan :
  15. Ambil 2 sdt gula pasir
  16. Gunakan 1 sdt garam laut

Diantara metode-metode budidaya pembesaran ikan kerapu macan, airmetode Keramba Jaring apung (KJA) mempunyai. Ikan kerapu macan hidup diperairan dangkal, berterumbu karang dan sekitarnya, meskipun ada pula ikan kerapu yang hidup di pantai sekitar muara sungai. Ikan kerapu merupakan jenis ikan demersal yang menyukai hidup di perairan berterumbu karang, diantaranya celah-celah karang atau di dalam goa didasar perairan. Bentuk ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) mirip dengan kerapu lumpur, tetapi dengan badan yang agak lebar.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Ikan Kerapu Macan:
  1. Potong ikan kerapu macan yang telah dibersihkan, menjadi 3 bagian. Lalu panggang dengan teflon, hingga berwarna kecoklatan dan aromanya keluar. Sisihkan
  2. Tumis hingga harum, bumbu halus dengan sedikit minyak. Kemudian masukkan bumbu iris serta daun salam. Selanjutnya tambahkan sedikit air, dan masukkan ikan yang telah dipanggang.
  3. Setelah air mulai berkurang dan bumbu meresap, tuang santan sedikit demi sedikit sembari diaduk. Taburi garam dan gula, cicipi rasanya. Tunggu hingga mendidih, tambahkan daun kemangi apabila suka, dan matikan api.
  4. Angkat, sajikan selagi panas.

Ikan kerapu macan memiliki mulut lebar serong ke atas dengan bibir bawah menonjol ke atas dan sirip ekor yang umumnya membulat (rounded). Asthaloperca, Anyperodon, Cephalopholis, Cromileptes, Epinephelus, Plectropomus, dan. Bersama-sama dengan kerapu kertang, ikan ini merupakan ikan tangkap yang populer di Nusantara. Sifat induk Ikan kerapu Induk kerapu bersifat hermaprodit protogini, yaitu perpindahan dari jenis kelamin betina perlahan-lahan gonadnya berubah menjadi jantan secara parsial. MEMBEDAKAN INDUK Ikan Kerapu Ikan kerapu macan biasa mencari makan di balik terumbu karang dengan cara bersembunyi, karena corak warna ikan kerapu macan menyerupai terumbu karang yang membuatnya mudah memanipulasi mangsanya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan kerapu macan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved