Resep Roti Canai/ maryam/paratha yang Bisa Manjain Lidah

Bernard Tucker   01/12/2020 04:27

Roti Canai/ maryam/paratha
Roti Canai/ maryam/paratha

Anda sedang mencari inspirasi resep roti canai/ maryam/paratha yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal roti canai/ maryam/paratha yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Roti canai (pronunciation: /tʃanaɪ/), or roti chenai, also known as roti cane (/tʃane/) and roti prata, is an Indian-influenced flatbread dish found in several countries in Southeast Asia, including Brunei, Indonesia, Malaysia and Singapore. This recipe makes a flavorful paratha. I used a different shaping method to create beautiful layers in my parathas.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti canai/ maryam/paratha, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan roti canai/ maryam/paratha yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan roti canai/ maryam/paratha sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Roti Canai/ maryam/paratha memakai 11 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Roti Canai/ maryam/paratha:
  1. Sediakan Bahan:
  2. Gunakan 250 gr tepung protein tinggi/cakra
  3. Siapkan 130 ml susu cair
  4. Ambil 1 btr kuning telur
  5. Gunakan 1 sdm gula pasir
  6. Gunakan 1/2 sdt garam
  7. Siapkan 3 sdm mentega cair
  8. Gunakan Olesan:
  9. Gunakan Secukupnya mentega cair
  10. Sediakan Toping:
  11. Gunakan sesuai selera Gula, coklat

These roti are modified and made famous by Mamak. Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee.

Langkah-langkah membuat Roti Canai/ maryam/paratha:
  1. Campur semua bahan kecuali mentega, aduk sampai rata lalu masukkan mentega cair, uleni sampai 3/4 kalis lalu diamkan 15 mnt.
  2. Setelah itu bagi adonan sesuai selera dan bulatkan, kemudian rendam dg minyak sekitar 2 jam, tutup adonan agar tetap lembab.
  3. Ambil satu bagian, tipiskan dg rolling pin atau tekan2 setipis mungkin, olesi dg mentega cair lalu kerat adonan bagian tengah ke pinggir kemudian gulung perlahan dan bulatkan ujung2nya dijadikan satu dan tumpuk, lakukan sampai habis.
  4. Pipihkan gulungan adonan menggunakan tangan dengan ketebalan sesuai selera.
  5. Panaskan teflon, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan, sebagian saya goreng setengah matang utk di frozen jika pengen tinggal panasi lagi😁
  6. Bisa diberi toping taburan gula, skm atau bisa di mkn dg kuah kari sesuai selera

Merupakan roti pipih berbahan dasar terigu dan lemak yang banyak ditemukan di Malaysia, India, Singapura, Indonesia, dan negara lain. Rasanya cenderung tawar dan gurih karena dimasak dengan lemak (minyak). Roti maryam itself is influenced by paratha, a flatbread that originated in the Indian subcontinent. A word "roti" means bread in Bengali, Hindi, Indonesian, Malay, Pashto, Punjabi and Urdu. Roti Canai is an all-time Malaysian favourite that is best eaten piping hot with any of your favourite curry.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat roti canai/ maryam/paratha yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved