Resep Mangut belut, Bikin Ngiler

Nicholas Cohen   19/09/2020 21:18

Mangut belut
Mangut belut

Sedang mencari ide resep mangut belut yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut belut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Belut/Sidat enak lainnya. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Mangut Belut Mbak Surani Arkadas, ini salah satu referensi kuliner malam untuk kalian para food hunter.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut belut, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut belut yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut belut yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut belut menggunakan 23 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut belut:
  1. Ambil 250 gram belut panggang
  2. Ambil 1/2 buah gula jawa
  3. Siapkan 1/2 sdm gula pasir
  4. Ambil 3 lembar daun jeruk disobek
  5. Sediakan 2 lembar daun salam
  6. Siapkan 3 cm Laos memarkan
  7. Ambil 1 buah serai/sereh memarkan
  8. Ambil 3 buah cabai hijau iris serong
  9. Siapkan 500 ml santan
  10. Ambil Haluskan:
  11. Siapkan 8 buah cabai merah/keriting
  12. Gunakan 4 buah cabai setan
  13. Siapkan 8 butir bawang merah
  14. Ambil 4 siung bawang putih
  15. Gunakan 2 butir kemiri
  16. Siapkan 1 sdm ketumbar
  17. Gunakan 1/2 sdt merica
  18. Gunakan 3 cm kunyit
  19. Gunakan 2 cm jahe
  20. Ambil 1 cm kencur
  21. Gunakan 1/2 sdt garam
  22. Ambil 1/2 bungkus kaldu bubuk rasa ayam
  23. Sediakan 3 sdm minyak untuk menumis

Selain rasa gurih kuah kentalnya yang mantap, belutnya empuk sampai ke tulang-tulangnya. Belut untuk masakan mangut ini juga khusus, yakni hasil buruan di sawah, bukan hasil penangkaran. "Belut hasil buruan di sawah lebih gurih dibanding belut kolam," ujarnya. Dengan membuat masakan mangut belut ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Jangan lupa untuk share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Mangut Belut Paling Enak dan Istimewa kepada teman serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Cara menyiapkan Mangut belut:
  1. Haluskan bumbu bumbu yang sudah saya sebutkan kalau ada blender ya di blender karena saya orang yang praktis dan Alhamdulillah ada blender rasanya ketolong banget 😂 kalau ngga ada ya sabarlah dengan menguleg 😅 SEMANGAT
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan di wajan sampai juicy eemm… apa ya kaya yang tadinya berair sampai mengeluarkan minyak gitu lalu masukkan gula pasir dan sedikir air lalu masukkan santan serta semua bumbu pawon yang sudah saya sebutkan
  3. Masukkan belut nya dan masak hingga mendidih, icipi rasanya jika sudah pas manis gurihnya dan sudah mau matang masukkan irisan cabai hijau, matikan
  4. Sajikan di piring saji 😋 nasi anget + kerupuk rasanya nyam nyam nyam tiati ya say bikin gagal diet 😂😄

Makan yuk dengan mencoba resep mangut belut pedas yang dijamin maknyus menemani makan nasi hangat! Setuju ya, karena beneran enak lho dan pastinya mudah murah dan bergizi. Belut cukup popular di Indonesia, karena kaya akan protein dan tentu saja enak sekali rasanya dipakai sebagai lauk menemani saat makan bersama keluarga. Daging belut dengan tekstur lembut dan gurih rasanya cukup klop jika disatukan dengan aneka rempah dan santan kelapa di olahan mangut. Ibu di rumah, ada baiknya sebelum kita memasak belut maka sebelum belut dimasak akan lebih baik jika belut yang sudah dipotong-potong pada bagian punggung dipukul-pukul menggunakan batu untuk melunakkan tulang dan durinya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut belut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved