Langkah Mudah untuk Membuat Mangut Lele Bakar Anti Gagal

Juan Cohen   01/12/2020 09:19

Mangut Lele Bakar
Mangut Lele Bakar

Lagi mencari inspirasi resep mangut lele bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele bakar yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele bakar, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut lele bakar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Mangut Lele mbah Marto Jogja. KabarDunia.com - Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat disukai karena dagingnya yang banyak dan harganyapun juga murah. Cara mengolah ikan lele, resep yang paling tepat untuk dibuat bumbu adalah resep mangut lele.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele bakar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Lele Bakar memakai 19 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Lele Bakar:
  1. Siapkan 5 ekor Lele
  2. Ambil 1 Buah jeruk nipis
  3. Siapkan bahan dihaluskan
  4. Siapkan 8 Buah cabe merah
  5. Gunakan 10 Buah cabe rawit
  6. Gunakan 8 siung Bawang merah
  7. Siapkan 4 siung Bawang putih
  8. Siapkan 2 Ruas Kencur
  9. Ambil Jahe seujung kelingking
  10. Siapkan 4 Butir Kemiri
  11. Ambil 1 sdt Lada
  12. Gunakan 1 sdt ketumbar
  13. Sediakan 2 cm Kunyit
  14. Ambil sebungkus Royco
  15. Sediakan secukupnya garam dan gula
  16. Ambil 2 lembar Daun Jeruk
  17. Gunakan Dan bawang iris serong
  18. Sediakan santan kental dr 1/2 butir kelapa
  19. Gunakan 200 ml air

Mangut lele adalah sajian populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berbahan dasar ikan lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Jika memakai lele goreng, pastikan anda tidak menggorengnya terlalu lama hingga kering. Kalo di rumah mama se ini udh sering banget dimasak tapi biasanya se mama di bakar biar aromanya lbh keluar tp krn aq gak punya alat pembakaran jd nya di goreng hehe & baru kali ini aq masakin buat se suam gak tau nya dia suka banget 😀 Mangut lele asap merupakan salah satu masakan khas Jogja.

Cara menyiapkan Mangut Lele Bakar:
  1. Bersihkan Lele, lumuri air jeruk. tusuk dengan lidi atau bambu. oven api sedang atas bawah selama dua jam.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan daun jeruk.
  3. Masukan santan. Air dan Lele bakar. biarkan bumbu meresap pada ikan, masukan daun bawang, siap disajikan.

Di Jogja, lele tidak hanya digoreng untuk pecel lele, namun diolah dengan cara berbeda. Di salah satu rumah makan di Jogja contohnya, lele yang sudah matang kemudian diasap dengan kayu bakar, kemudian digabungkan dengan santan dan cabai hi. Resep Mangut Lele Pedas, Masakan khas Bantul Mantap - Meski sudah terbiasa hidup di air tawar yang keruh tidak menjadikan ikan lele sebagai ikan yang menjijikan. Buktinya banyak sekali para penjaja masakan ikan lele yang sudah stand by di pinggiran jalan ramai untuk menghidangkan masakan sedap ikan lele mereka. Kalau anda bosan dengan lele goreng, cobalah lele bakar.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Lele Bakar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved