Resep Roti Maryam / Cane, Menggugah Selera

Adeline Murphy   12/09/2020 22:08

Roti Maryam / Cane
Roti Maryam / Cane

Sedang mencari ide resep roti maryam / cane yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal roti maryam / cane yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti maryam / cane, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan roti maryam / cane yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Roti maryam is one of popular food in Arabic village of Surabaya (Indonesia), Ampel. Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah roti maryam / cane yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Roti Maryam / Cane memakai 10 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Roti Maryam / Cane:
  1. Siapkan #Adonan
  2. Sediakan 500 gr terigu protein rendah
  3. Siapkan 240 ml susu cair
  4. Siapkan 2 butir kuning telur
  5. Sediakan Sedikit garam
  6. Siapkan Margarin (untuk adonan & olesan)
  7. Sediakan Minyak sayur (utk merendam/mengoles adonan)
  8. Ambil #Isian (opsional)
  9. Gunakan Meses
  10. Sediakan Keju

Roti ini terbuat dari adonan tepung Dilansir dari Wikipedia, roti mariyam di Indonesia juga kerap disebut roti canai, roti cane, atau roti. Roti Cane merupakan khas negara Timur Tengah. Bentuk Roti Maryam seperti Roti CANE hanya lebih Tebal dan berbentuk Bulat. Namun di Indonesia kedua Roti tersebut dianggap.

Cara menyiapkan Roti Maryam / Cane:
  1. Siapkan bahan-bahan & wadah..
  2. Masukkan bahan² kedalam wadah aduk sampai kalis (adonan tdk lengket / nempel saat dipegang)
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan lalu rendam minyak atau boleh hanya dioles saja. Diamkan & tutup adonan selama minimal 2 jam agar adonan lembut
  4. Pipihkan adonan, olesi adonan dg margarin yg sudah dicairkan, meses / keju parut. lalu gulung² kecil dari dua arah. Jika sudah spt tali, bentuk spt huruf S
  5. Lalu tumpuk spt konde.. diamkan & tutup selama 1 jam
  6. Panaskan pan, pipihkan adonan yg sudah berbentuk konde tadi lalu panggang dg api kecil.. jika ingin langsung dikonsumsi, panggang sampai berwarna kecoklatan.. jika ingin disimpan di freezer cukup panggang setengah matang saja

Roti maryam atau roti cane selain cocok dihidangkan bersama sayur bernada gurih seperti kari ayam atau kari kambing, bisa juga diisi aneka topping manis seperti selai, vla, keju, meses, dan semacamnya. Roti maryam atau roti cane merupakan makanan yang sangat lezat. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat roti maryam yang empuk dan juga enak. Roti maryam memang sangat mudah ditemukan, namuan sayangnya masih sedikit yang bisa membuat roti satu ini. Nah bagi kamu yang suka dengan roti maryam atau sedang ingin mencoba.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan roti maryam / cane yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved