Bagaimana Membuat Mangut belut asap yang Enak Banget

Eva Logan   08/09/2020 22:39

Mangut belut asap
Mangut belut asap

Sedang mencari inspirasi resep mangut belut asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut belut asap yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut belut asap, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut belut asap enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Mangut ikan kepala manyung & belut asap Semarang enak lainnya. Belut asapnya impor.hehe Bau masakan wangi kencur, daun jeruk dan bau khas ikan asap. Ini bakalan menu makan malam nanti, Mangut Welut Asap (Belut) favorit suamiku, kalau Yodha minta menu sendiri gak mau Mangut Belut, mau masak kwetiau sendiri dia 🤣 kemarin tim kita mencoba untuk membuat belut asap ya kan, karena saya abis mancing belut dapet lumayan besar, dari dulu mancing diolahnya itu selalu digoreng.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut belut asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut belut asap memakai 14 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut belut asap:
  1. Siapkan 1 kg belut isi 3 atau 4 ekor
  2. Ambil 7 siung bawang merah
  3. Gunakan 3 siung bawang putih
  4. Gunakan sesuai selera Cabe rawit
  5. Siapkan 2 ruas jari kunyit
  6. Sediakan 2 ruas jari jahe (halia)
  7. Ambil 4 butir kemiri
  8. Gunakan 1/4 sendok teh lada putih
  9. Siapkan 2 ruas jari laos
  10. Ambil 3 lembar daun jeruk purut
  11. Gunakan secukupnya Garam
  12. Gunakan 1/2 ruas jari terasi kalau suka
  13. Ambil Penyedap rasa kalau suka
  14. Siapkan 1 buah kelapa yang sudah tua diambil santanya

Ikan lele asap; Ikan lele yang sudah dibelah, dibentangkan lalu diasap. Diolah menjadi mangut atau sambal pecak lele. Belut asap; Prinsipnya sama seperti pembuatan lele asap. Belut asap banyak dipakai dalam sajian khas Sumatera Barat, yaitu diolah menjadi balado.

Cara menyiapkan Mangut belut asap:
  1. Sebelum dimasak mangut pangang belut terlebih dahulu kalau bisa di pakai bara jangan pakai kompor
  2. Setelah belut siap terus kita siapkan haluskan semua bumbu terus masukan santan tunggu sampe mendidih sambil aduk pelan" setelah mendidih baru masukan belut yang sudah diasap tunggu 3 sampai 5 mnt
  3. Setelah itu sia deh di hidangkan

Bandeng asap; Asal Sidoarjo, Jawa Timur. Hanya saja rasa masakan mangut belut ini dibuat lebih pedas. "Saat pertamakali berdiri, dulu kami menggunakan daging ikan laut asap. Namun, iseng-iseng ibu mencoba mengubah bahan dasar menjadi belut. Mas Eka sekeluarga akan mengajak kami makan siang… Mangut welut warisan Mbah Darmo ini terkenal lezat. Selain rasa gurih kuah kentalnya yang mantap, belutnya empuk sampai ke tulang-tulangnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut belut asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved