Cara Gampang Membuat Seblak kering (krupuk), Lezat Sekali

John Barrett   18/11/2020 07:32

Seblak kering (krupuk)
Seblak kering (krupuk)

Anda sedang mencari inspirasi resep seblak kering (krupuk) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal seblak kering (krupuk) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Rafida Kerupuk seblak kering Seblak is an Indonesian savoury and spicy dish, originating from Sundanese cuisine in the western part of Java, made of wet krupuk (traditional Indonesian crackers) cooked with protein sources (egg, chicken, seafood or beef) in spicy sauce. Seblak is a specialty of Bandung city, West Java, Indonesia. Lihat juga resep Seblak krupuk sederhana enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari seblak kering (krupuk), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan seblak kering (krupuk) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat seblak kering (krupuk) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Seblak kering (krupuk) menggunakan 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Seblak kering (krupuk):
  1. Sediakan Bahan-bahan yang harus disiapin ya bun.
  2. Ambil 1 . krupuk bintang kira2 1/2 kg
  3. Sediakan 2 . kencur kira2 5 ruas
  4. Gunakan 3 . daun jeruk pecel 5 lmbr
  5. Siapkan 4 . 4 siung bawang putih
  6. Ambil 5 . minyak kelapa
  7. Sediakan 6 . royko 1 saset
  8. Ambil 7 . aida/boncabe

Kerupuk pada seblak kering ada yang mengembang penuh dan ada juga yang tidak atau setengah matang (lebih umum ditemukan). Varian seblak pun kini sudah bermacam-macam, tak hanya mi dan kerupuk basah saja, namun bisa ditambah sayap ayam, sosis, bakso, makaroni, tulang ayam, dan ceker. Seblak kering adalah satu dari beberapa varian jajanan seblak yang dapat kamu nikmati sebagai cemilan pedas renyah. Bumbu berasa pedas adalah perpaduan yang tak bisa dipisahkan dari.

Cara membuat Seblak kering (krupuk):
  1. Pertama2 kita rendam dulu nih bun krupuk bintangnya dengan minyak kelapa..oh iya kalo pilih krupukk bintang.. cari yang kecil2 ya bun..ternyata krupuk bintang beda2 ukuran.. kalo yang kecil lebih enak.. ngg perlu lama direndam..bisa bantat.. tapi kalo yang agak gede.. digoreng bisa langsung mekar.. meskipun minyaknya ngg terlalu panas juga..
  2. Kemudian kita iris2 bun bahan2 nya.. kencur,bawang putih,(daun jeruk) kemudian goreng bahan2.. setelah itu tiriskan dan ditumbuk..bisa juga diblander ya bun..
  3. Setelah itu..oseng bumbu dan krupuk jadi satu ya bun.. bubuhi royko dan aida.. untuk cabenya qw pake aida bun.. klo mau yang lain juga g papa.. boncabe misalnya.. klo qw karna udah ada aidanya jdi kupake aja..😁 (kalo bisa ngaduknya diatas kompor ya bun..dengan api kecil aja.. biar kering gitu..dan wajan buat ngaduk cukup dioles minyak kelapa bun.. biar ngg kebanyaakan minyak..)
  4. Finalyy…TARAAAAA…jadi dehh.. seblak kering alaa gueehh.. nikmatt.. buat cemilan sambil nonton TV..😁😁👍😋

Resep cara membuat kerupuk seblak kering pedas yang enak dan renyah. Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali ragam makanan khas, dan salah satunya adalah kerupuk seblak. Selain rasanya yang enak dan gurih, tambahan bumbu racikan pedas dapat menambah kelezatan kerupuk seblak ini. Anda bisa pilih sekiranya kerupuk mana yang anda sukai. Anda juga bisa mencicipi seblak kering.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Seblak kering (krupuk) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved