Resep Mangut iwak pé (ikan pari) Anti Gagal

Mario Andrews   18/09/2020 03:35

Mangut iwak pé (ikan pari)
Mangut iwak pé (ikan pari)

Sedang mencari inspirasi resep mangut iwak pé (ikan pari) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut iwak pé (ikan pari) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut iwak pé (ikan pari), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut iwak pé (ikan pari) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Kothok Ikan Pe atau Ikan Pari Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe. Paduan aroma ikan panggangnya dengan campuran bumbu lengkapnya menimbulkan aroma yang menggoda.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut iwak pé (ikan pari) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Mangut iwak pé (ikan pari) menggunakan 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut iwak pé (ikan pari):
  1. Sediakan 3 buah ikan pe(ikan pari) asap/panggang
  2. Gunakan Bumbu halus:
  3. Ambil 1 sdt ketumbar
  4. Siapkan 3 siung bawang putih
  5. Siapkan 6 siung bawang merah
  6. Ambil 1/2 ruas kunyit
  7. Gunakan 2 setrip daun kari
  8. Gunakan 1/2 gelas santan kental
  9. Sediakan secukupnya Gula,garam,minyak,air
  10. Siapkan 10 biji cabe rawit

Mangut merupakan istilah untuk masakan dengan kuah santan. Sementara mangut ikan pari atau juga dikenal dengan ikan pe merupakan masakan khas pantai utara Jawa. Mangut ikan pari ini biasanya dibuat dari ikan pari yang sudah diasap, kemudian diberi kuah santan yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Lihat juga resep Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap enak lainnya.

Cara menyiapkan Mangut iwak pé (ikan pari):
  1. Cuci ikan pe,kemudian masing² potong dua bagian
  2. Siapkan wajan berisi minyak untuk menumis bumbu halus,setelah harum tambahkan sedikit air lalu masukkan daun kari dan cabe rawit utuh
  3. Setelah mendidih,tambahkan santan kental aduk² agar tidak pecah,lalu masukkan ikan nya
  4. Tambahkan gula,garam secukup nya,lalu tes rasa…disarankan untuk mendidihkan santan lebih lama agar mangut tidak cepat basi

Di Malang lagi musim iwak pe atau ikan pari, terbukti di tukang sayur setiap hari ada. Beberapa hari lalu aku beli buat disambel, pagi tadi aku beli mau dimasak mangut.spesial request suami yang hobi banget masakan bersantan. Bumbunya sama dengan mangut lele, sengaja bikin gak pedes biar anakku terutama shabrina juga mau makan Bahan: -… Mangut Iwak Pe (Ikan Pari Asap) by Octa Wulandari. sumber: mertua. Masakan mangut ini adalah masakan berkuah santan yang terkenal pedas, dengan bahan utama ikan pari asap atau iwak pe asap atau ikan manyung asap dan kepalanya ini. Selain ikan asap, dalam hidangan mangut ini bisa juga di lengkapi dengan tempe atau tahu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut iwak pé (ikan pari) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved