Langkah Mudah untuk Membuat Mangut Ikan Asap Anti Gagal

Emily Page   05/08/2020 14:04

Mangut Ikan Asap
Mangut Ikan Asap

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ikan asap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut Ikan Asap menggunakan 14 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Mangut Ikan Asap:
  1. Gunakan Ikan asap tongkol / manyung
  2. Siapkan 1 liter Santan
  3. Sediakan 6 cabe kriting hijau iris
  4. Ambil 3 cabe rawit merah
  5. Gunakan 5 cabe rawit hijau (optional)
  6. Sediakan 4 cabe kriting merah iris
  7. Gunakan Gula
  8. Siapkan Garam
  9. Sediakan secukupnya Jahe geprek
  10. Siapkan Daun Salam
  11. Sediakan Sere
  12. Sediakan Bawang merah
  13. Sediakan Bawang putih
  14. Gunakan secukupnya Air

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Ikan Asap:
  1. Iris cabe kriting merah dan hijau serta bawang merah dan putih
  2. Bersihkan jahe dan geprek
  3. Tumis bumbu yang sudah di iris tadi hingga harum jangan lupa daun salam, jahe dan sere
  4. Setelah harum masukkan air dan santan encer tunggu hingga mendidih
  5. Setelah mendidih, masukkan ikan asap, beri gula dan garam (kaldu jamur) cek rasa
  6. Matikan api dan siap di hidangkan

Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Jadi mohon dimaklumi klo suamiku endut🤭 Masakan Ilmiah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved