Resep Kerupuk Seblak kering, Lezat

Leah Copeland   11/11/2020 10:59

Kerupuk Seblak kering
Kerupuk Seblak kering

Anda sedang mencari ide resep kerupuk seblak kering yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kerupuk seblak kering yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Kerupuk seblak kering enak lainnya. Bagi pecinta pedas,kerupuk seblak kering ini sangat cocok banget. Lihat juga resep Kerupuk seblak kering ceria. enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kerupuk seblak kering, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kerupuk seblak kering yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kerupuk seblak kering sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kerupuk Seblak kering menggunakan 7 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kerupuk Seblak kering:
  1. Gunakan 2 genggam kerupuk jenis apa aja bebas
  2. Siapkan 1 helai daun jeruk uk.kecil di potong/digunting ekstra kecil2
  3. Ambil 2 siung bawang putih iris tipis2
  4. Siapkan 1 ruas kencur sebesar ibu jari iris tipis2
  5. Siapkan Secukupnya minyak goreng
  6. Sediakan Secukupnya kaldu
  7. Ambil Secukupnya bon cabe (aku pke 1/2 bks saset yg kecil)

Cara membuat seblak kering sebenarnya mirip dengan kerupuk pedas pada umumnya. Seperti basreng (bakso goreng), ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, kerupuk mi pedas dan lain sebagainya. Sedangkan cara membuat seblak basah, dibuat dengan kuah pedas gurih dengan aroma kencur yang khas. Selain itu, makanan ringan dengan cita rasa pedas merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat.

Cara menyiapkan Kerupuk Seblak kering:
  1. Rendam kerupuk di penggorengan dgn minyaknya hingga terendam, biarkan minimal 20 mnt, sisihkan.
  2. Stlah 20 mnt nyalakan kompor dg api sedang goreng hingga kerupuk matang, angkat lalu biarkan dingin dan miNyak turun. (kerupuk tdk mengembang smpurna ya bun, kyaa rada2 bantet tapi rasanya tetap ranyah nanti)
  3. Goreng bawang,kencur dan daun jeruk dgn api kecil hingga kering, angkat lalu tumbuk hingga halus. Dan taburkan ke krupuknya bersama cabe bubuk dan kaldu lalu kocok hingga bumbu rata,sajikan

Dengan demikian, saya memilih membuat makanan ringan yaitu "Seblak Kering" karena bahan baku yang digunakan mudah didapatkan (bahan baku nya adalah kerupuk) dengan cita rasa pedas yang banyak diminati masyarakat. Makanan berasa pedas ini dinamai kerupuk seblak kering pedas gurih. Kerupuk seblak merupakan makanan khas Bandung, Jawa Barat yang memiliki rasa gurih dan pedas tentunya. Dalam penyajiannya krupuk sebalh ini bisa dioalah menjadi dua jenis varian yang pertama krupuk seblak basah dan yang ke dua adalah krupuk seblah kering. Selain terbuat dari kerupuk basah, Anda juga bisa menambahkan ceker, sosis, makaroni, cilok, dan lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kerupuk seblak kering yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved