Resep Sayur Mangut Semarang, Lezat Sekali

Marvin Lowe   11/09/2020 21:47

Sayur Mangut Semarang
Sayur Mangut Semarang

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur mangut semarang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur mangut semarang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur mangut semarang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur mangut semarang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya. Salam Jumpa kembali dengan Chanel " KULINER JAWA " Kali ini kita hadirkan video tutorial cara masak Sayur Mangut Tempe Tahu yang enak. CARA MEMBUAT (MEMASAK) MASAKAN MANGUT LELE KHAS SEMARANG SEDAP,NIKMAT Bismillah.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur mangut semarang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Mangut Semarang menggunakan 23 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Mangut Semarang:
  1. Ambil Ikan panggang
  2. Ambil Tahu coklat
  3. Sediakan Tempe potong kotak2
  4. Ambil 5 cabe setan iris
  5. Sediakan 3 siung bawang putih iris
  6. Siapkan 5 siung bawang merah iris
  7. Ambil Lengkuas
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Siapkan 2 tomat merah
  10. Sediakan 1 Santan kara
  11. Ambil BUMBU ULEK (HALUS)
  12. Gunakan 2 siung bawang putih
  13. Sediakan 3 siung bawang merah
  14. Siapkan 3 cabe merah
  15. Sediakan 3 cabe setan
  16. Sediakan 1/2 keping Gula jawa
  17. Ambil 3 kemiri
  18. Gunakan 1 ruas kunyit
  19. Gunakan 1 ruas kencur
  20. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  21. Siapkan Garam
  22. Siapkan Gula
  23. Gunakan Penyedap rasa

Hal tersebut dikarenakan menunya berupa lauk pauk, kemudian untuk nasinya bermacam-macam. Demikianlah tips dari kami tentang bagaimana cara membuat (membikin) masakan mangut ikan Pari (Pe) khas Semarang. Semoga artikel yang singkat ini bisa menambah wawasan anda dibidang kuliner. Jangan lewatkan artikel kami lainnya "Resep Praktis (Mudah) Sayur Lodeh Terong Spesial Enak (Lezat)".

Cara menyiapkan Sayur Mangut Semarang:
  1. Goreng dulu tempe setengah matang, dan ikan panggang digoreng sebentar saja lalu tiriskan
  2. Tumis bahan irisan bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, daun salam, tomat setelah itu masukan bumbu halus/ bumbu uleg hingga harum
  3. Setelah itu masukan air, tempe, tahu, terong kalo ada (tp saya skip soalnya gak suka) hingga mendidih
  4. Masukan ikan panggang dan campurkan santan kara serta tambahkan penyedap rasa (koreksi rasa) tunggu hingga mendidih
  5. Sajikan dengan bawang merah goreng

Mangut Kepala Manyung menjadi alternatif makanan khas semarang. Makanan ini sendiri terdiri dari kepala ikan manyung, daging ikan manyung, santan, cabe dan juga tomat. Dengan rasa yang gurih dan sedap makanan ini menjadi favorit ketika disemarang, banyak para wisatawan yang mencobanya. Bahan dasar mangut biasanya menggunakan jenis ikan laut seperti ikan pari dan manyung yang di asapkan (diasepin) ikan ini banyak di temukan di kawasan pinggiran pantai, tapi ada juga di beberapa tempat lain yang dekat dengan semarang menggunakan selain ikan tersebut yaitu menggunakan ikan lele. Nah, menurut Pak Bondan, Mangut Welut Warung Bu Nasima merupakan tempat yang wajib dikunjungi kalau sedang ke Semarang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Mangut Semarang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved