Resep Mangut ikan asap, Enak

Laura Craig   08/07/2020 14:24

Mangut ikan asap
Mangut ikan asap

Sedang mencari ide resep mangut ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut ikan asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap enak lainnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ikan asap menggunakan 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut ikan asap:
  1. Sediakan 1 ekor ikan asap (saya pakai manyung)
  2. Ambil Pelengkap bisa memakai tahu/tempe
  3. Gunakan 1 buah tomat
  4. Sediakan 1 batang sereh
  5. Sediakan 1 ruas laos
  6. Siapkan 1 daun salam / daun jeruk
  7. Sediakan 5 cabe setan (optional)
  8. Sediakan Bumbu halus :
  9. Ambil 2 butir bawang merah
  10. Siapkan 2 butir bawang putih
  11. Siapkan 2 butir kemiri
  12. Ambil secukupnya Gula garam penyedap
  13. Sediakan 1 bungkus santan kara
  14. Siapkan secukupnya Air

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh. Versi saya cabai rawit yang dihaluskan agak banyak aja.

Cara membuat Mangut ikan asap:
  1. Haluskan semua bahan bumbu kemudian tumis hingga harum
  2. Kemudian masukan air masukan bumbu yg sudah ditumis, masukan sereh laon daun jeruk/salam, tomat, cabe setan, masukan gula garam penyedap secukupnya
  3. Tes rasa dan sajikan
  4. Masukan ikan asap dan santan kemudian aduk terus agar santan tidak pecah

Maklum saya dan suami "setan pedas". Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Jadi mohon dimaklumi klo suamiku endut🤭 Masakan Ilmiah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved