Cara Gampang Membuat Mangut Cakalang yang Enak

Rosa Bailey   26/07/2020 10:17

Mangut Cakalang
Mangut Cakalang

Anda sedang mencari ide resep mangut cakalang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut cakalang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Dapet ikan cakalang asaap banyak banget, langsung terbesit mau buat mangut. sebenernya First time buat mangut ikan asap. and first time juga makan mangutπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. udah tau sih bayangan rasa nya. tp beneran emang sesuai selera ni makanan. Dapet ikan cakalang asaap banyak banget, langsung terbesit mau buat mangut. sebenernya First time buat mangut ikan asap. and first time juga makan mangutπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. udah tau sih bayangan rasa nya. tp. Saya dan suami pernah makan mangut kepala ikan manyung di mayestik, suami baru pertama makan dan suka, akhirnya dia nyuruh bikin, karna dipasar gak nemu kepala ikan manyung jadi pake ikan cakalang aja.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut cakalang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut cakalang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut cakalang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Cakalang memakai 16 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mangut Cakalang:
  1. Gunakan 1 kg ikan cakalang
  2. Ambil 1 jeruk nipis
  3. Siapkan 10 cabe rawit utuh (boleh skip kalau tidak suka pedas)
  4. Ambil 2 buah tomat
  5. Ambil 7 belimbing wuluh
  6. Siapkan 1 ikat kemangi
  7. Siapkan 2 lembar daun salam
  8. Ambil 1 liter air
  9. Ambil 1 sdt garam
  10. Gunakan 1 sachet santan instan
  11. Siapkan Bumbu Halus
  12. Sediakan 10 bawang merah
  13. Siapkan 10 bawang putih (2sdt baceman bawang)
  14. Gunakan 1 ruas jari kunyit
  15. Sediakan 1 ruas jari jahe
  16. Siapkan 1 ruas jari lengkuas

Cakalang asap adalah makanan khas menado atau minahasa dan sekitarnya. di jawa bagian utara biasanya dimasak mangut pakai cabe ijo dan santan dinikmati dalam kehangatan. Kalau ingin praktis hanya makan dengan sambat trasi sudah nikmat. Tulisan ini sebenernya latepost banget ya, sist, tapi rasanya sayang aja kalau masa-masa itu tidak diabadikan. Cakalang fufu adalah hidangan ikan cakalang olahan yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan kerangka bambu.

Langkah-langkah membuat Mangut Cakalang:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan 30 menit
  2. Tumis dengan sedikit minyak/ panggang sampai berubah warna kecoklatan. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam dan cakalang
  4. Tambahkan tomat, kemangi, belimbing wuluh, cabai rawit. Tambahkan air, masak sampai mendidih. Masukkan santan. Aduk rata.tambahkan garam. Tes rasa. Masak sampai matang.

Makanan ini adalah hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Lihat juga resep Cakalang suwir enak lainnya. Puas makan mangut ikan pari asap, ada lagi menu lainnya yakni cakalang cabe ijo. Ikan cakalang asap yang sudah disuwir-suwir ini dimasak dengan sambal cabe ijo berlimpah. Mi cakalang adalah sebuah mi kuah cakalang tradisional dari Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Cakalang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved