Resep Mangut Ikan Anti Gagal

Ola Hodges   02/12/2020 15:53

Mangut Ikan
Mangut Ikan

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Mangut paling enak kalo pake ikan yang diasap tp repot juga kalo kudu bikin ikan asap di rumah ya. Jadilah ini bikin pake ikan goreng. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan mangut ikan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut ikan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut Ikan menggunakan 15 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Ikan:
  1. Siapkan 1 ekor ikan manyung potong²
  2. Gunakan 800 ml santan
  3. Gunakan 2 lbr daun salam
  4. Siapkan 3 cm lengkuas geprek
  5. Ambil 1 ruas jahe geprek
  6. Ambil 1 sdm gula merah
  7. Gunakan Secukupnya garam dan gula
  8. Sediakan 2 buah tomat merah dan hijau potong²
  9. Sediakan 6 cabai rawit utuh
  10. Ambil 3 buah cabe hijau potong serong
  11. Siapkan Bumbu halus:
  12. Ambil 10 buah cabai merah keriting
  13. Ambil 6 siung bawang putih
  14. Ambil 4 buah bawang merah
  15. Gunakan 1 ruas kencur

Pernahkan Anda menemui ikan laut yang diberi makan pelet, atau di beri makanan tambahan berbahan kimia, atau disuntik hormon? Itulah mengapa ikan laut lebih sehat dan bergizi. Olahan ikan asap yg praktis dan sedap rasanya. Santan bisa diganti dg fiber creme yaa.

Cara membuat Mangut Ikan:
  1. Goreng ikan sebentar. Angkat, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, jahe dan daun salam sampai harum.
  3. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Aduk2 masak sampai santan mendidih.
  4. Masukkan ikan, tomat dan cabai hijau. Masak sebentar. Koreksi rasa, jika kurang manis bisa ditambah gula pasir. - Matikan api. Sajikan

Ikan asap dicuci dulu sblm diolah utk mengurangi aroma asapnya dan t. Resep Ikan Mangut di bawah ini akan memudahkan Anda untuk menyantap ikan mangut ini di rumah bersama keluarga tanpa harus membeli dan antri di warung makan. Masakan Mangut ini terdapat kuah dari santan dengan warna merah-merah oranye yang rasanya cukup pedas dan aroma ikan asapnya pun juga berasa. Berbekal resep mangut dari si Mbak penjual ikan sayapun bereksperimen di dapur. Ikan Pe Asap: Untuk santannya supaya praktis dan cepat saya selalu menggunakan santan bubuk siap pakai yang saya simpan di kulkas.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved