Bagaimana Membuat Nasi boranan khas lamongan, Bikin Ngiler

Luis Obrien   13/07/2020 17:49

Nasi boranan khas lamongan
Nasi boranan khas lamongan

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi boranan khas lamongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi boranan khas lamongan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Nasi boranan merupakan makanan khas dari Lamongan, Jawa Timur yang diburu pembeli saat buka puasa. Penjual nasi boranan yang berada di sejumlah titik Kota Lamongan selalu ramai oleh warga yang berbuka puasa. Lihat juga resep Nasi boranan khas lamongan enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi boranan khas lamongan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi boranan khas lamongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi boranan khas lamongan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi boranan khas lamongan memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi boranan khas lamongan:
  1. Ambil 250 gr Ayam
  2. Gunakan secukupnya Kelapa parut
  3. Gunakan Daun bawang
  4. Siapkan Royco
  5. Sediakan Bumbu halus :
  6. Ambil 7 butir bawang merah
  7. Sediakan 3 butir bawang putih
  8. Siapkan secukupnya Cabe rawit
  9. Sediakan 4 buah cabe merah
  10. Siapkan 3 cm jahe
  11. Ambil 2 cm kunyit
  12. Gunakan 1 cm kencur
  13. Ambil 1 sdt ketumbar sangrai
  14. Siapkan 5 butur kemiri sangrai
  15. Siapkan 2 lembar Daun jeruk
  16. Gunakan Secukupnya garam
  17. Siapkan Secukupnya garam

Nasi boranan merupakan racikan nasi khas Lamongan yang banyak ditemukan jika kita berkunjung ke Lamongan. (Baca: Jual Rumah, Anang Hermansyah dan Ashanty Hampir Tertipu) Utamanya ketika ada di sepanjang jalan pusat kota Lamongan. Nasi khas Lamongan ini jadi salah satu makanan tradisional khas Jawa Timur. Boranan berasal dari tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu yang digendong dengan selendang di. Nasi Boranan adalah salah satu makanan khas kota Lamongan yang terdiri dari nasi, rempeyek serta aneka lauk-pauk seperti ikan bandeng, tahu, jeroan, tahu, tempe, daging ayam ataupun telur dadar.

Cara menyiapkan Nasi boranan khas lamongan:
  1. Sangrai kelapa (jangan terlalu gosong)
  2. Rebus ayam sebentar dan tambahkan garam secukupnya
  3. Iris daun bawang. Kemudian gongso dg bumbu halus sampai harum. Campurkan sangraian kelapa kedalam bumbu halus hingga merata.
  4. Tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan. Kemudian masukkan ayam. Ungkep sampai mengental.
  5. Saat mengental tambahkan royco dan koreksi rasa bund.
  6. Siap di santap 😊😊

Cara penyajian kuliner ini bisa dikatakan masih sangat tradisional karena wadah dilapisi dengan daun pisang terlebih dahulu. Banyak hal menarik yang bisa dibanggakan dari kota ini sebagai salah satu wilayah NKRI yang memiliki makanan dan budaya khas. Jika kamu hanya mengenal Lamongan dari warung soto dan seafood, maka kamu wajib main ke Lamongan untuk mencicipi Nasi Boranan yang nikmatnya dimakan di pinggir jalan sambil lesehan. Selain soto ayam dan tahu campur, makanan Lamongan yang terkenal adalah sego boranan. Penyajiannya mirip nasi sambal di Surabaya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi boranan khas lamongan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved