Bagaimana Membuat Ayam goreng srundeng kelapa yang Bisa Manjain Lidah

Sara Romero   15/11/2020 10:40

Ayam goreng srundeng kelapa
Ayam goreng srundeng kelapa

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng srundeng kelapa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng srundeng kelapa yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng - Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng srundeng kelapa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam goreng srundeng kelapa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam goreng srundeng kelapa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam goreng srundeng kelapa memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam goreng srundeng kelapa:
  1. Sediakan 1 kg ayam, potong2 jadi 13
  2. Gunakan 1 butir kelapa parut, kupas kulitnya
  3. Ambil Bumbu halus:
  4. Gunakan 3 butir kemiri
  5. Gunakan 1 sendok makan ketumbar
  6. Ambil 1 ruas jahe
  7. Ambil 1 ruas laos,
  8. Ambil 1 ruas kunyit
  9. Siapkan 5 siung bawang putih
  10. Sediakan 10 siung bawang merah
  11. Gunakan secukupnya Garam, gula

Masak terus hingga air mulai menyusut dan kelapa agak kering. Matikan api, pisahkan ayam dengan kelapa. Goreng ayam dalam minyak panas dengan jumlah cukup banyak. Saat ayam setengah matang, masukkan serundeng kelapa.

Cara menyiapkan Ayam goreng srundeng kelapa:
  1. Haluskan semua bumbu halus. Tumis sampai harum. Tambahkan salam, sereh, daun jeruk, gula, dan garam. Tes rasa
  2. Masukkan ayam yg sudah di cuci bersih, kedalam tumisan bumbu halus. Ungkeb ayam sampai matang.
  3. Tumis kelapa beserta dengan bumbu bekas ungkeban ayam, tambahkan garam, sedikit air dan gula. Airnya hanya untuk membuat kelapa matang saja. Tes rasa
  4. Angakat kelapa, dan satukan dengan ayam
  5. Jika ingin di jadikan stok, masukkan ke dalam wadah tertutup. Simpan di kulkas bagian bawah, 3-4hari masih ok. Jika ingin lebih lama, simpan di freezer.gioreng
  6. Goreng ayam dan kelapa secara bersamaan. Usahakan minyaknya panas, jika tdk panas akan membuat kelapa basah.
  7. Selamat mencoba

Ini dia #BukaBukaanResep dari aku kali ini bersama Happy Fresh. Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa spesial resep keluarga. Ayam goreng merupakan menu makanan yang umum dan semua orang suka, selain itu banyak variasinya dan relatif mudah dalam pembuatannya. Menu ayam ungkep merupakan menu wajib yang ada di kulkas rumah saya, kalau mati gaya di dapur ya tinggal goreng. Contoh membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa ini menggunakan Paha Ayam yang bagian atas.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng srundeng kelapa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved