Resep Ayam goreng bumbu serundeng Anti Gagal

Cecelia Lane   06/12/2020 12:58

Ayam goreng bumbu serundeng
Ayam goreng bumbu serundeng

Sedang mencari ide resep ayam goreng bumbu serundeng yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng bumbu serundeng yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. Ayam goreng serundeng juga cukup bersahabat dihidangkan bagi tamu-tamu kecil yang biasanya tidak tahan dengan pedasnya hidangan Lebaran yang diolah dengan cabai.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng bumbu serundeng, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng bumbu serundeng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam goreng bumbu serundeng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam goreng bumbu serundeng menggunakan 17 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam goreng bumbu serundeng:
  1. Ambil 1 kg ayam
  2. Gunakan 300 gr kelapa parut
  3. Ambil 3 lbr daun salam
  4. Siapkan 3 btg serei ambil putihnya aja lalu geprek
  5. Sediakan 1 sdm tepung maizena larutkan dgn 3 sdm air
  6. Sediakan Bumbu halus :
  7. Gunakan 4 siung bawang putih
  8. Siapkan 7 siung bawang merah
  9. Ambil 1 ruas jari kunyit
  10. Gunakan 1 ruas jari lengkuas
  11. Gunakan 1/2 ruas jari jahe
  12. Sediakan Air kelapa (dr 1 btr kelapa)/air biasa
  13. Siapkan 1 sdt garam
  14. Gunakan 1 sdt gula
  15. Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  16. Sediakan 3 sdm minyak utk menumis
  17. Gunakan Secukupnya minyak utk menggoreng ayam

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Kecap yang. Ayam goreng serundeng lengkuas siap disajikan. Gunakan api sedang agar tidak mudah gosong. Goreng sisa bumbu sampai kering untuk mendapatkan serundeng lengkuasnya.

Cara membuat Ayam goreng bumbu serundeng:
  1. Potong2 ayam, cuci bersih lalu rebus kurang lebih 5 mnt, angkat buang airnya, ini selalu sy lakukan utk ilangin bau anyirnya, lendir dll
  2. Tumis bumbu halus dgn 3 sdm minyak sampai harum, masukkan jg salam n sereinya lalu masukkan ayam aduk rata
  3. Lalu masukkan air kelapa+air secukupnya asal ayam terendam (klo gada pake air biasa), masak/ungkep hingga bumbu menyerap n air agak menyusut
  4. Angkat ayamnya
  5. Masukkan kelapa parut k dlm air bekas ungkep ayam, masukkan tepung maizena, aduk sampai kesat
  6. Masukkan wadah lain
  7. Ayam ungkepnya d wadah terpisah, sebagian sy goreng, sebagian lg sy masukkan kulkas, maklum rakyatnya dikit, oia..itu ada tempe ikut mejeng ๐Ÿ˜‚ krn sy td ungkep tempe jg sekalian
  8. Goreng dgn minyak panas api sedang sampai kekuningan
  9. Angkat
  10. Kurangi minyak bekas goreng ayam, lalu goreng bumbu serundengnya sampai kekuningan, jgn tgg coklat ya krn setelah d angkat jg nti coklat sendiri, sampai kekuningan aja, sy masukka wadah terpisah
  11. Klo mau mkn baru taburi bumbu serundengnya
  12. Sambelnya terserah yaa…suka2 aja, sy pake sambel orek๐Ÿ˜‰

Serundeng tak hanya menawarkan rasa yang gurih saja lho. Resep ayam serundeng goreng gurih ini disajikan memakai serundeng sebagai pelengkap dari rasa gurihnya. Siapkan dulu berbagai bahan & bumbunya sebelum mencoba membuatnya. Goreng bumbu kelapa parut tadi hingga kecokelatan. Sajikan ayam bersama dengan serundengnya serta nasi hangat dan sambal sebagai pendamping.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng bumbu serundeng yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved