Bagaimana Membuat Mangut kepala manyung Anti Gagal

Tyler Farmer   21/11/2020 00:39

Mangut kepala manyung
Mangut kepala manyung

Lagi mencari ide resep mangut kepala manyung yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kelezatan mangut kepala manyung racikan Bu Fat sudah terkenal puluhan tahun di Semarang. Konsistensinya membuat mangut kepala ikan manyungpun membuat orang selalu ketagihan. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala manyung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut kepala manyung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut kepala manyung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut kepala manyung memakai 11 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut kepala manyung:
  1. Sediakan 6 buah kepala manyung
  2. Gunakan secukupnya jahe,kunyit, kencur
  3. Sediakan 3 siung bawang merah
  4. Siapkan 3 siung bawang putih
  5. Ambil 20 buah cabe rawit setan
  6. Siapkan 10 buah cabe merah
  7. Siapkan 3 lembar daun salam, daun jeruk
  8. Sediakan 1 batang sereh / serai (di tumbuk/ di geprek)
  9. Ambil santan kental (sesuai selera)
  10. Sediakan air (secukupnya)
  11. Siapkan gula pasir, garam, kaldu bubuk (secukupnya)

Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas.

Langkah-langkah membuat Mangut kepala manyung:
  1. Haluskan cabe, bawang merah, barang putih, jahe, kencur, kunyit.geprek sereh/serai.
  2. Tumis bumbu yang sudah di haluskan lalu tambahkan daun salam dan daun jeruk. tumis hingga harum
  3. Masukan air dan santan kental,tambahkan gula, garam, kaldu bubuk sesuai selera,
  4. Masukan kepala manyung, dan tunggu hingga matang / mendidih, kemudian cek rasa dan angkat
  5. Mangut kepala manyung, siap di hidangkan

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam. Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut kepala manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved