Langkah Mudah untuk Membuat Ikan Panggang kuah kuning (Mangut) Anti Gagal

Catherine Turner   16/06/2020 00:22

Ikan Panggang kuah kuning (Mangut)
Ikan Panggang kuah kuning (Mangut)

Lagi mencari ide resep ikan panggang kuah kuning (mangut) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan panggang kuah kuning (mangut) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan panggang kuah kuning (mangut), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan panggang kuah kuning (mangut) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Resep Ikan Mangut di bawah ini akan memudahkan Anda untuk menyantap ikan mangut ini di rumah bersama keluarga tanpa harus membeli dan antri di warung makan. Masakan Mangut ini terdapat kuah dari santan dengan warna merah-merah oranye yang rasanya cukup pedas dan aroma ikan asapnya pun juga berasa. Pas aku cek dapat deh resep ini dan langsung ku coba, rasanya endul banget, gak percaya.?

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ikan panggang kuah kuning (mangut) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ikan Panggang kuah kuning (Mangut) menggunakan 23 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ikan Panggang kuah kuning (Mangut):
  1. Sediakan 10 ikan panggang
  2. Siapkan Bumbu yang diulek/blender
  3. Siapkan 15 cabe rawit
  4. Ambil 5 bamer
  5. Sediakan 6 baput
  6. Sediakan 5 daun jeruk
  7. Siapkan 1 ruas jari kunyit (dibakar)
  8. Siapkan 1 ruas jari jahe
  9. Sediakan 1 ruas jari lengkuas
  10. Ambil 3 kemiri
  11. Siapkan 1 sdt merica bubuk
  12. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  13. Gunakan sejumput Garam, Garam
  14. Gunakan Bahan yg dipotong
  15. Sediakan 1 bj gede terong (potong gede)
  16. Siapkan 7 bh cabe merah kriting
  17. Siapkan 1 bh tomat
  18. Gunakan 1 buah tempe
  19. Gunakan 5 bj cabe rawit (tdk dipotong)
  20. Siapkan Bahan tambahan
  21. Sediakan 1 mangkok santan
  22. Gunakan 1/4 gula jawa
  23. Ambil 1 mangkok air

Jadi PD karena resepnya enak dan mudah dibuat. Trm ksh sdh sangat baik berbagi resep nusantara. #ikankuahkuning #papua #indoculinairehunter Ikan kuah kuning khas papua resepnya mudah. Masakan khas papua terkenal di nusantara seperti papeda, sate ulat sagu, kue. MANGUT/ PANGGANG IKAN // MASAK DENGAN TEMPE.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Panggang kuah kuning (Mangut):
  1. Tumis semua bumbu halus
  2. Masukkan gula jawa hingha harum
  3. Tambahkan air perlahan2
  4. Masukkan tempe, terong, ikan asap/panggang
  5. Setelah mendidih, masukkan santan. Tambahkan penyedap rasa setengah bungkus, tambhakan gula pasir 2-3 sendok, tambahkan garam 1/4 sendok makan
  6. Koreksi rasa dan masak hingga airnya berkurang, dan bumbu meresap.
  7. Selamat mencoba :)

Mangut merupakan sajian serupa gulai pedas berkuah dengan citarasa khas Jawa. Ikan nila juga cocok lho disajian sebagai mangut. Coba aja resep Mangut Ikan Nila berikut ini, yuk! Emang sih menggunakan ikan lele itu bisa menjadi alternative bahan baku dalam pembuata mangut, tapi menurut saya rasa yang didapat jauh lebih enak menggunakan ikan asap pari atau manyung, karena tekstur daging dari kedua ikan ini sangat guruh sehingga sangat cocok dengan kuah dan bumbu dengan cara masak di mangut. Resep dan cara membuat sayur Mangut ikan tongkol asap dengan bumbu rempah special.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan panggang kuah kuning (mangut) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved