Bagaimana Menyiapkan Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati Anti Gagal

Ruby Harper   26/07/2020 11:04

Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati
Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati

Sedang mencari ide resep mangut ndas (kepala) manyung khas pati yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ndas (kepala) manyung khas pati yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ndas (kepala) manyung khas pati, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ndas (kepala) manyung khas pati yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut ndas (kepala) manyung khas pati sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati memakai 18 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati:
  1. Sediakan 3 ekor ikan manyung asap
  2. Gunakan 1/2 papan tempe, potong dadu
  3. Gunakan Bahan dihaluskan:
  4. Gunakan 7 siung bawang merah
  5. Ambil 5 siung bawang putih
  6. Siapkan 10 buah cabai rawit merah
  7. Gunakan 2 buah cabai setan
  8. Ambil 1 sdt trasi
  9. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  10. Ambil 1/2 ruas jari kencur
  11. Ambil 3 buah kemiri sangrai
  12. Sediakan 1 sdm ketumbar sangrai
  13. Siapkan Bahan lain2:
  14. Gunakan 3 buah daun jeruk
  15. Gunakan secukupnya Garam
  16. Gunakan secukupnya Gula
  17. Siapkan secukupnya Merica bubuk
  18. Ambil 1 buah santan kara

Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat. Mangut Ndas Manyung dalam bahasa Indonesia berarti Mangut Kepala Manyung. Makanan ini merupakan kuliner andalan Juwana, Pati. Bahan baku dalam sajian ini tentu saja kepala ikan manyung asap yang merupakan salah satu hasil laut para nelayan Juwana.

Cara membuat Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati:
  1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Masukkan air secukupnya. Tambahkan tempe dan santan. Aduk terus hingga mendidih
  2. Tambahkan ikan manyung asap, gula garam merica. Masak kurang lebih 8-10 menit. Koreksi rasa dan sajikan

Mangut kepala ikan manyung khas Pati. Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hamim Thohari TRIBUNNEWS. COM, MAGELANG - Bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, ikan laut jenis manyung kurang begitu dikenal. Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Ndas (Kepala) Manyung Khas Pati yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved