Resep Ayam goreng serundeng kelapa Anti Gagal

Lela Parks   05/11/2020 01:18

Ayam goreng serundeng kelapa
Ayam goreng serundeng kelapa

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng serundeng kelapa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng serundeng kelapa yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng - Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Lihat juga resep Ayam Serundeng Kelapa enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam goreng serundeng kelapa sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam goreng serundeng kelapa menggunakan 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam goreng serundeng kelapa:
  1. Gunakan 1 kg paha ayam dipotong 2
  2. Sediakan 1 bungkus tahu putih
  3. Sediakan 1 papan tempe potong persegi
  4. Ambil 2 batang sereh geprek
  5. Gunakan 2 ruas lengkuas geprek
  6. Ambil 3 lembar daun salam
  7. Gunakan 4 lembar daun jeruk
  8. Gunakan Jahe (sy skip)
  9. Ambil Seasoning (penyedap, gula, garam, lada)
  10. Siapkan 1 butir kelapa parut agak tua
  11. Gunakan 300 ml air utk merebus (disesuaikan banyak ayam dan kelapa)
  12. Ambil Bumbu halus :
  13. Sediakan 2 butir kemiri
  14. Sediakan 5 siung bawang putih uk besar
  15. Gunakan 5 siung bawang merah
  16. Gunakan 1 sdt ketumbar
  17. Sediakan 1 ruas jari kunyit (bisa ganti yang bubuk)

Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Maka tak mengherankan jika menu satu ini dijadikan menu favorit oleh sebagian masyarakat. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Cara membuat Ayam goreng serundeng kelapa:
  1. Bumbu halus dicampur ke dlm air yang sudah mendidih, aduk rata. Masukkan juga daun salam, jeruk, sereh, lengkuas n seasoning
  2. Masukkan ayam, aduk dan biarkan air agak susut (sekitar 45 menit). Kalau ayam sudah matang, sisihkan
  3. Masukkan kelapa parut ke dlm air sisa ungkepan ayam, dilanjutkan dgn tahu dan tempe
  4. Aduk rata hingga air mengering. Taruh di dalam tempat terpisah dgn ayam dan tahu tempe
  5. Siapkan minyak panas di wajan, ayam dkk siap digoreng. Menggoreng ayam dan serundeng dipisah ya supaya tidak hangus serundeng nya.
  6. Goreng hingga ayam, tahu dan tempe bewarna coklat. Tiriskan baru goreng serundeng hingga coklat tua. Hidangkan dgn sambal korek dan lalapan! Yummyyyy

Citarasa serundeng kelapa yang manis gurih memang memberikan sensasi yang luar biasa di setiap gigitan ayam serundeng. Ini dia #BukaBukaanResep dari aku kali ini bersama Happy Fresh. Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa spesial resep keluarga. Goreng bumbu kelapa parut tadi hingga kecokelatan. Sajikan ayam bersama dengan serundengnya serta nasi hangat dan sambal sebagai pendamping.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam goreng serundeng kelapa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved