Resep Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe) yang Lezat

Jay Carpenter   06/12/2020 03:36

Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe)
Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe)

Lagi mencari ide resep mangut kepala manyung semarang an (iwak pe) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung semarang an (iwak pe) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala manyung semarang an (iwak pe), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut kepala manyung semarang an (iwak pe) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut kepala manyung semarang an (iwak pe) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe) menggunakan 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe):
  1. Ambil 2 bh Kepala Manyung ukuran sedang
  2. Siapkan 2 batang serai
  3. Sediakan 4 lembar daun jeruk
  4. Sediakan 800 ml santan sedang (sy 1 bks kara+air)
  5. Sediakan 1 sdm gula merah
  6. Gunakan 2 sdt kaldu sapi
  7. Siapkan secukupnya Garam
  8. Ambil Bumbu ulek:
  9. Gunakan 10 bj cabe merah keriting
  10. Gunakan 10-15 bj cabe rawit(sesuai selera)
  11. Siapkan 8 siung bawang merah
  12. Siapkan 3 butir kemiri
  13. Gunakan 1 cm jahe
  14. Ambil 1 cm lengkuas
  15. Siapkan 1 cm kunyit
  16. Siapkan 1/4 merica butiran
  17. Ambil 3 siung bawang putih

Rasanya kaya ikan asap tapi masi lebi enak iwak pe. Masakan mangut lah ini Mungkin ini mahal krn endorse, terus manyung itu ikan jambal roti cuma ya ini bkn ikan asin. Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe) Assalamu'alaikum Minggu pagi ini saya masak masakan khas kota Semarang, Mangut Kepala Manyung. Karena stok yg ada Iwak Pe, Kepala Manyung pun saya ganti.

Cara menyiapkan Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe):
  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Cuci bersih kepala manyung, rebus di air mendidih, sebentar saja agar lebih lunak. Sambil ulek bumbu halus. Tumis bumbu halus+serai, sampai harum
  3. Jika sudah harum, masukkan daun jeruk, masak sampai matang
  4. Tambahkan santan dan bumbu2 lain sampai mendidih,baru masukkan kepala manyung. Cek rasa, masak sampai matang dan bumbu meresap
  5. Jika dirasa sudah meresap, angkat, taburi dengan bawang goreng

Bagi saya masakan mangut sudah saya kenal sejak kecil. Ibu saya pandai membuat masakan berupa mangut dengan bahan bervariasi. Kadang ikan lele, belut, iwak pe (pari), manyung, atau kakap merah. Yang saya sukai kalau ibu saya masak mangut ikan pe. Saya suka karena rasa bumbunya sering menggoyang lidah dan pedasnya lama hilang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut kepala manyung semarang an (iwak pe) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved