Resep Mangut ikan panggangan yang Menggugah Selera

Hilda Fitzgerald   21/10/2020 07:57

Mangut ikan panggangan
Mangut ikan panggangan

Sedang mencari ide resep mangut ikan panggangan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan panggangan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mangut paling enak kalo pake ikan yang diasap tp repot juga kalo kudu bikin ikan asap di rumah ya. Jadilah ini bikin pake ikan goreng. Senang rasanya kalo masak masakan kesukaan orang yang kita sayangi sepenuh hati,. aku masak sayur mangut ikan asap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan panggangan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan panggangan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan panggangan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ikan panggangan memakai 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut ikan panggangan:
  1. Sediakan 1/4 kg ikan panggangan
  2. Gunakan Tahu
  3. Ambil Tempe
  4. Gunakan Pete (aq td lupa beli 😖)
  5. Gunakan Bumbu:
  6. Gunakan 2 siung bawang putih
  7. Sediakan 3 bh bawang merah
  8. Sediakan 4 bh cabe merah dan hijau
  9. Ambil 4 bh rawit ato sesuai selera
  10. Sediakan Daun salam
  11. Siapkan Lengkuas
  12. Siapkan Sere
  13. Gunakan Daun jeruk
  14. Siapkan 1 bh tomat
  15. Siapkan 1 ruas jahe
  16. Siapkan Gula merah, garam, penyedap

Lihat juga resep Manggut Ikan Tenggiri Asap enak lainnya. Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung. Resep Ikan Mangut di bawah ini akan memudahkan Anda untuk menyantap ikan mangut ini di rumah bersama keluarga tanpa harus membeli dan antri di warung makan.

Cara menyiapkan Mangut ikan panggangan:
  1. Cuci ikan panggangan, goreng dl sebentar. Potong2 kecil tahu dan tempe, goreng setengah matang.
  2. Rajang halus semua bawang putih+bawang merah, cabe+rawit, tomat. Tumis semua bumbu sampai harum. Beri air kurleb 2 gelas ato sesuai selera aja, bumbui gula merah, garam, penyedap.
  3. Tunggu sampai air mendidih masukkan tahu+tempe+pete masak kurleb 10menit. Masukkan ikan panggangan tambahkan santan. Masak sampai mendidih, tes rasa, angkat
  4. Heeemmmm….. Harumnya bikin pengen cepet2 ambil piring dan nasi 😂😂

Masakan Mangut ini terdapat kuah dari santan dengan warna merah-merah oranye yang rasanya cukup pedas dan aroma ikan asapnya pun juga berasa. Ikan yang digunakan adalah ikan pe asap yang. Apapun jenis ikannya bisa digunakan untuk resep ini, ya paling tidak disesuaikan dengan kesukaan keluarga agar ikan bakar yang dihasilkan segera ludes. Ikan Pe atau ikan pari termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dijual dalam bentuk ikan asap. Kotokan ikan pe sendiri sebenarnya sama dengan lodeh, tapi dengan tambahan ikan pe rasanya akan menjadi lebih sedap.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan panggangan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved