Cara Gampang Membuat Mangut manyung panggang yang Bikin Ngiler

Ivan Crawford   01/09/2020 06:50

Mangut manyung panggang
Mangut manyung panggang

Lagi mencari ide resep mangut manyung panggang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut manyung panggang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung panggang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut manyung panggang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Makanan ini yang selalu membuat kangen dan pengin mudik semarang. karena di daerah lain saya belum pernah nemu ikan manyung panggang yg dagingnya setebel ini dan rasanya yg khas dan enak. salah satu menu favorit ibu mertua saya yaa dimasak mangut atau. Menu Mangut Kepala Ikan Manyung dan Ikan Pari cukup terkenal di daerah pesisir Jawa. Seperti yang ditulis rekan kompasianer Wahyu Sapta, Mangut sungguh sedap dan khas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut manyung panggang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut manyung panggang menggunakan 22 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut manyung panggang:
  1. Siapkan Bahan utama
  2. Ambil 12 pcs ikan manyung panggang
  3. Ambil 3 batang terong ungu
  4. Gunakan 1 papan tempe
  5. Siapkan Bumbu2:
  6. Siapkan 40 gr bawang merah
  7. Ambil 25 gr bawang putih
  8. Gunakan 50 gr cabe merah keriting+rawit
  9. Siapkan 1 ruas kunyit
  10. Ambil 1 ruas jahe
  11. Ambil 5 gr terasi
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas
  13. Siapkan 5 lembar daun salam
  14. Ambil 5 lembar daun jeruk
  15. Sediakan 3 batang serai
  16. Gunakan 3 sdt garam
  17. Siapkan 2 sdt gula pasir
  18. Siapkan 10 gr gula merah
  19. Siapkan 1 scht kaldu bubuk
  20. Gunakan 500 ml Santan kental
  21. Sediakan 1000 ml santan encer
  22. Siapkan 20 gr cabe rawit hijau (optional)

Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Selain itu, banyak orang yang menganggap mangut merupakan nama ikan, padahal mangut adalah nama masakan.

Cara menyiapkan Mangut manyung panggang:
  1. Siapkan semua bahan dan bumbu2, dan haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe dg belender atau diuleg
  2. Kupas terong dan potong2 sesuai selera, potong2 tempe. Ikan manyung asap dikukus sebentar sebelum dimasak
  3. Tumis bumbu halus pkus rempah sampai harum.. masukkan tempe dan aduk rata, masukkan santan encer dan masak kurlep 5 menit sampe bumbu meresap di tempe
  4. Masukkan terong, lalu masukkan santan kental.. tunggu sampai mendudih aduk2 5 menit, sambil masukkan terasi, gula merah, gula pasir dan garam
  5. Setelah itu baru masukkan ikan panggang… masak lagi sampai kira2 10 menit/bumbu meresap… test rasa, apabila sudah pas masukkan cabe rawit hijau (optional) lalu matikan api

Masakan mangut selama ini lebih sering menggunakan ikan manyung panggang. "Beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai pengganti ikan adalah tempe dan tahu, sehingga bagi yang tidak menyukai ikan sebetulnya dapat menggantinya dengan tempe. Panggang Manyung yang Khas Panggang Manyung adalah jenis panggang yang paling disukai oleh masyarakat Juwana. Dibanding panggang ikan pe dan ikan tongkol, panggang manyung lebih banyak di cari. Selain gurih rasanya, baunya tidak terlalu menyengat seperti ikan pe. Manfaat Ikan Manyung untuk Meningkatkan Selera Makan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut manyung panggang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved