Resep Panggangan manyung bumbu mangut, Sempurna

Andre Grant   09/07/2020 02:18

Panggangan manyung bumbu mangut
Panggangan manyung bumbu mangut

Lagi mencari ide resep panggangan manyung bumbu mangut yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal panggangan manyung bumbu mangut yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari panggangan manyung bumbu mangut, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan panggangan manyung bumbu mangut enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Resep masakan ikan pe pari asap bumbu mangut sedap. Ikan manyung dapat dijadikan beberapa masakan yang sangat enak, diantaranya adalah dagingnya dibuat ikan asin, telurnya dapat dipepes, dan kepalanya dapat dijadikan masakan berupa gulai dan mangut.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan panggangan manyung bumbu mangut sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Panggangan manyung bumbu mangut memakai 25 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Panggangan manyung bumbu mangut:
  1. Siapkan 3 potong panggangan ikan manyung (potong jadi beberapa bagian)
  2. Sediakan 2 buah terong (potong²)
  3. Sediakan 1 papan tempe (potong²)
  4. Sediakan 1 tomat merah (belah jadi 4)
  5. Sediakan 1 tomat hijau (belaj jadi 4)
  6. Ambil 1 serai geprek
  7. Sediakan 2 daun salam
  8. Ambil 3 santan kara @65ml
  9. Ambil 1 ikat kemangi
  10. Gunakan secukupnya Daun bawang
  11. Ambil secukupnya Garam,gula dan penyedap rasa
  12. Gunakan Minyak goreng untuk menumia
  13. Siapkan secukupnya Air
  14. Siapkan Bumbu halus :
  15. Ambil 10 siung bawang merah
  16. Gunakan 5 siung bawang putih
  17. Gunakan 3 cabe merah besar (buang bijinya)
  18. Ambil 22 cabe rawit
  19. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  20. Ambil 4 butir kemiri
  21. Siapkan 1 sdm ketumbar
  22. Siapkan 1 ruas kunyit
  23. Sediakan 1 cm jahe
  24. Ambil 1 cm lengkuas
  25. Gunakan 1 sdt lada

Jangan heran bila kalian kelak akan menyicipinya lagi bila berkunjung ke Semarang. Mangut merupakan salah satu jenis olahan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. Mengingat rasanya yang lezat, maka tidak heran jika banyak sekali pecinta kuliner yang gemar mengonsumsi makanan satu ini. Mangut bisa dibuat dari beragam cara, salah satunya dengan menggunakan ikan manyung.

Cara menyiapkan Panggangan manyung bumbu mangut:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Blender bumbu halus panaskan minyak goreng lalu tumis beserta serai dan daun salam tumis hingga harum bumbunya
  3. Masukkan ikan dan tempe aduk hingga rata
  4. Beri air secukupnya tuunggu sampai mendidih airnya dan agak berkurang biar tempe matang dan ikan
  5. Masukkan terong beserta tomat biarkan hingga terong agak layu
  6. Masukkan santan kara beri garam,gula dan penyedap rasa
  7. Setelah mendidih tes rasa dan matikan api lalu masukkan kemangi dan daun bawang,siap di santap💜

Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya. Bahan dasar mangut biasanya menggunakan jenis ikan laut seperti ikan pari dan manyung yang di asapkan (diasepin) ikan ini banyak di temukan di kawasan pinggiran pantai, tapi ada juga di beberapa tempat lain yang dekat dengan semarang menggunakan selain ikan tersebut yaitu menggunakan ikan lele. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Penggunaan bumbu-bumbu dan rempah pun berbeda-beda tergantung dari teknik pengolahan yang dipakai.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan panggangan manyung bumbu mangut yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved