Cara Gampang Membuat Mangut ikan pari/panggangan yang Enak

Rose Reese   14/07/2020 00:31

Mangut ikan pari/panggangan
Mangut ikan pari/panggangan

Lagi mencari inspirasi resep mangut ikan pari/panggangan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan pari/panggangan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Mangut ikan pari panggang (iwak pe). Niatan ke pasar pagi ini unutk belanja ikan bandeng. Mau praktek buat homemade bandeng presto.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan pari/panggangan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut ikan pari/panggangan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mangut ikan pari/panggangan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut ikan pari/panggangan memakai 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut ikan pari/panggangan:
  1. Siapkan ikan panggangan atau pari
  2. Gunakan tahu
  3. Gunakan tempe
  4. Sediakan santan kara
  5. Sediakan 9 cabe rawit dipotong dan ditambah cabe utuh untk yang ska pedas
  6. Ambil 1 cabe besar merah
  7. Gunakan 7 bawang merah (iris tipis untuk ditumis)
  8. Gunakan 4 bawang putih (iris tipis untuk ditumis)
  9. Sediakan laos geprek
  10. Siapkan sedikit kemiri saja (saya cuma satu biji) digeprek lembut
  11. Siapkan secukupnya lombok ijo ale * lombok ijo dua, ale
  12. Sediakan kunyit (saya kunyit bubuk)
  13. Siapkan 1 daun jeruk
  14. Ambil 1 daun salam
  15. Sediakan 1 daun serai digeprek
  16. Gunakan air
  17. Gunakan garam
  18. Ambil royco

Mangut merupakan istilah untuk masakan dengan kuah santan. Sementara mangut ikan pari atau juga dikenal dengan ikan pe merupakan masakan khas pantai utara Jawa. Mangut ikan pari ini biasanya dibuat dari ikan pari yang sudah diasap, kemudian diberi kuah santan yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Artikel Selengkapnya: #Mangut #MangutIkanPari #WarungFotkop Menyantap sajian mangut pasti tidak asing lagi bagi pecinta kuliner Indonesia.

Cara menyiapkan Mangut ikan pari/panggangan:
  1. Panaskan sedikit minyak, kemudian masukan semua bumbu (bawang merah, bawamg putih,lombok ijo ale, cabe rawit, cabe merah besar,laos, kunyit dan kemiri)
  2. Setelah tumisan harum,masukan ikan panggangan / pari, tahu dan tempe yang sudak dipotong.
  3. Masukan air sesuai selera
  4. Ketika mendidih, masukan royco dan garam.Setelah rasa sesuai selera..masukan santan kara dan aduk dengan api sedang.
  5. Tutup panci selama 15 sampai 20 menit dan sajikan.

Namun apakah anda pernah mencoba mangut ikan pari? Saat sudah mulai mendidih tambahkan santan. Untuk menambah cita rasa, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Tunggu hingga matang, lalu sayur mangut pun siap dihidangkan. Lihat juga resep Mangut Ikan Pari Segar enak lainnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan pari/panggangan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved