Resep Mangut Ikan Panggangan Nampolll yang Lezat

Alexander Crawford   01/08/2020 20:16

Mangut Ikan Panggangan Nampolll
Mangut Ikan Panggangan Nampolll

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut ikan panggangan nampolll yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan panggangan nampolll yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan panggangan nampolll, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut ikan panggangan nampolll yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Kalo pulang Semarang pasti harus masak ini. Lihat juga resep Sayur Mangut (ikan asap / panggang) Pedes enak lainnya. Senang rasanya kalo masak masakan kesukaan orang yang kita sayangi sepenuh hati,. aku masak sayur mangut ikan asap.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut ikan panggangan nampolll sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Panggangan Nampolll menggunakan 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Ikan Panggangan Nampolll:
  1. Sediakan 2 atau 4 ikan manyung
  2. Gunakan Beberapa potong tahu+ tempe, potong sesuai selera
  3. Gunakan Pete (bisa lewat aja kalo nggk suka Pete) 😁
  4. Sediakan Bisa ditambah terong kalo suka
  5. Ambil Santan kelapa, bisa santan instan kalo nggak mau repot
  6. Ambil Cabe rawit, cabe ijo+merah besar. Iris2
  7. Siapkan Jahe, Laos, salam secukup nya+daun jeruk 4 lembar
  8. Sediakan Bisa + kencur sedikit buat penyedap, kalo nggk suka, skip

Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe. Paduan aroma ikan panggangnya dengan campuran bumbu lengkapnya menimbulkan aroma yang menggoda. Di Jawa Tengah masakan sejenis ini juga ada, biasanya disebut dengan Mangut Pe.

Cara membuat Mangut Ikan Panggangan Nampolll:
  1. Ikan manyung/ pe/ ikan panggangan dicuci bersih. Boleh peraskan jeruk nipis untuk mengurangi amis ikan panggang nya. Diam kan sejenak
  2. Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya.
  3. Setelah minyak panas masukkan bumbu iris berikut Laos, jahe, kencur halus+ Pete. Setelah wangi tambahkan air secukupnya. Masukkan bumbu2 (garam, Masako,gula sedikit) setelah mendidih masukkan tempe / tahu dan ikan panggangan tadi. Diamkan lagi, tutup dengan tutup panci biar kuah meresap dulu kedalam tahu/tempe dan ikan
  4. Setelah kuah sedikit asat/ meresap/ berkurang, masukkan santan secukup nya sesuai selera.
  5. Tunggu mendidih, kuah meresap koreksi rasa sekalian. Setelah di rasa cukup angkat. Jadi dehhhh..

Cara Membuat Mangut Ikan Lele Panggang: Pertama, siapkan panggangan diatas kompor dengan api yang sedang dan panggang ikan lele hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sisihkan sementara sebelum kita buat bumbu mangut lezatnya. Mangut Panggang Manyung by Ibunya Saifa Hayoooo… siapa yang tau makanan ini? Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut ikan panggangan nampolll yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved