Bagaimana Menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung Asap yang Lezat Sekali

Craig Cortez   06/11/2020 00:14

Mangut Kepala Ikan Manyung Asap
Mangut Kepala Ikan Manyung Asap

Sedang mencari ide resep mangut kepala ikan manyung asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala ikan manyung asap yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala ikan manyung asap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut kepala ikan manyung asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Tempatnya biasa saja karena namanya warung, tapi di saat merasakan hidangan mangut kepala manyung, kuah santannya pekat dan pedas. Kami pesan daging dan kepala manyungnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut kepala ikan manyung asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung Asap menggunakan 24 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung Asap:
  1. Gunakan 2 sisi Kepala Ikan Manyung Asap
  2. Siapkan 5 buah Tahu Kulit
  3. Gunakan 1 buah Santan Kara
  4. Sediakan Bumbu Halus
  5. Sediakan 7 siung Bawang Merah
  6. Gunakan 3 siung Bawang Putih
  7. Siapkan 3 buah Cabe Merah
  8. Gunakan 7 butir Kemiri
  9. Gunakan 1 sdt Ketumbar
  10. Siapkan 3 ruas Kunyit
  11. Ambil 1 ruas Jahe
  12. Sediakan Bumbu Pelengkap
  13. Siapkan 2 ruas Lengkuas
  14. Sediakan 2 batang Serai
  15. Sediakan 3 lembar Daun Jeruk
  16. Gunakan 3 lembar Daun Salam
  17. Sediakan 3 buah Cabe Hijau Besar
  18. Sediakan 7 buah Cabe Rawit Merah
  19. Siapkan 1 sdm Gula Pasir
  20. Gunakan Secukupnya Garam
  21. Sediakan Secukupnya Lada Bubuk
  22. Siapkan Secukupnya Kaldu Jamur Bubuk
  23. Ambil Secukupnya Minyak Goreng
  24. Siapkan Secukupnya Air

Ada sebuah tempat makan legendaris di Semarang yang populer dan menyuguhkan menu mangut kepala manyung yang nikmatnya tak. Resep mangut kepala ikan manyung, untuk memasak mangut ini saya menggunakan kepala ikan manyung yang telah diasap/panggang, namu jika tidak menemukan ikan manyung, Anda dapat menggantinya dengan semua jenis ikan asalkan ikan nya telah diasapi/dipanggang karena kuah yang dihasilkan dari ikan yang telah diasap/dipanggang akan mengeluarkan aroma yang khas. Ikan asap pari biasanya populer dengan sebutan iwak pe. Ikan manyung yang digunakan biasanya berupa potongan dagingnya dan juga kepalanya.

Cara menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung Asap:
  1. Kukus Kepala Ikan Manyung Asap
  2. Siapkan Bumbu, sangrai Kemiri Ketumbar, bakar Kunyit Jahe, Geprek Serai Lengkuas, Iris Cabe Hijau, biarkan Cabe Rawit utuh
  3. Tumis bumbu halus dalam minyak panas, masukan Serai Lengkuas Daun Jeruk dan Salam, masak sampai harus, masukan air, beri Lada Garam dan Kaldu Jamur bubuk, masukan Tahu Kulit
  4. Masukan Kepala Ikan Manyung Asap, masak sampai bumbu meresap, masukan Cabe Hijau dan Cabe Rawit utuh, koreksi rasa, angkat sajikan

Kalau mangut ndas manyung atau mangut kepala ikan manyung adalah mangut khas dari daerah Pati. Mangut sendiri ada beberapa versi, ada yang berkuah merah, kekuningan atau bahkan pucat seperti yang saya buat ini. Jakarta - Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Heem Yummy mangut kemangi ikan manyung asap sedaappp waahhh lupa diet niiihhh.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Kepala Ikan Manyung Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved