Resep Mangut Ikan Panggang, recommended, Bikin Ngiler

Abbie Alvarado   31/10/2020 19:52

Mangut Ikan Panggang, recommended
Mangut Ikan Panggang, recommended

Sedang mencari inspirasi resep mangut ikan panggang, recommended yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan panggang, recommended yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Mangut Ikan Panggang, recommended Diah KhoirunNisa Semarang. Mangut ikan panggang kali ini saya dapatkan resepnya dari seorang kolega dari kota Rembang. Sebenarnya cara pembuatanya hampir sama dengan mangut ikan, yang membuat berbeda adalah bahan dari mangut panggang dan sedikit pengolahan dari goreng dengan memanggang.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan panggang, recommended, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ikan panggang, recommended yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut ikan panggang, recommended yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Ikan Panggang, recommended menggunakan 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

  1. Ambil 2 ekor ikan panggang (saya menggunakan ikan tongkol)
  2. Siapkan 4 siung bawang merah
  3. Gunakan 3 siung bawang putih
  4. Gunakan 5 cabai rawit
  5. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  6. Siapkan 2 buah tomat
  7. Siapkan 5 cabai merah besar/cabai merah keriting/cabe hijau (sesuai selera)
  8. Ambil secukupnya Garam dan gula
  9. Sediakan santan encer dan sedikit santan kental

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem.

  1. Cuci bersih ikan panggang/asap, lalu goreng sebentar
  2. Iris bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah/hijau, dan tomat
  3. Tumis semua bahan yang diiris kecuali tomat, tumis hingga harum. Masukkan santan cair, biarkan hingga sedikit mendidih
  4. Masukkan ikan asap yang sudah digoreng tadi lalu biarkan sampai bumbu meresap
  5. Masukkan santan kental dan irisan tomat, tambahkan gula dan garam, cek rasa. Aduk perlahan agar santan tidak pecah hingga matang
  6. Sajikan :)

Istilah "jambal roti" muncul karena ikan manyung asin yang telah di goreng tekstur dagingnya rapuh seperti rapuhnya roti panggang. Potensi lain yang terdapat pada ikan ini dapat dijadikan sebagai abon dan juga bagian kepala ikan manyung dapat di buat gulai yang merupakan makanan khas pantai utara Jawa (Pantura), selain itu telur ikan. Sedangkan Mangut merupakan nama masakan panggang (ikan asap) tersebut. Ciri khas ikan asap ini adalah baunya yang sangit. Bau sangit inilah yang menjadi daya tarik dari ikan asap ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan Panggang, recommended yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved