Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mangut ikan manyung asap yang Lezat Sekali

Adam Price   28/11/2020 14:20

Mangut ikan manyung asap
Mangut ikan manyung asap

Lagi mencari ide resep mangut ikan manyung asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan manyung asap yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mangut Ikan Manyung Asap Assalamualaikum Weekend niat hati mau bikin cemilan, tp perut orang rumah minta diisi. Liat kulkas nemu seonggok daging ikan manyung asap beberapa hari yang lalu *masih layak konsumsi yaa karna disimpan di freezer bawah 😂 Yaudin nanti sorean aja bikinnya 🥰 Yuk intip resepnyahh. Lihat juga resep Mangut Ikan Manyung Asap enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan manyung asap, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut ikan manyung asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut ikan manyung asap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut ikan manyung asap menggunakan 18 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mangut ikan manyung asap:
  1. Sediakan 8 potong ikan manyung asap
  2. Gunakan 500 ml santan
  3. Gunakan Bumbu halus :
  4. Siapkan 5 siung bawang merah
  5. Sediakan 4 siung bawang putih
  6. Gunakan 2 bh kencur ukuran kecil
  7. Gunakan 1 ruas kunyit
  8. Sediakan 2 butir kemiri
  9. Sediakan Rempah :
  10. Ambil 2 lb daun salam
  11. Siapkan 2 potongan tipis lengkuas
  12. Siapkan 1 batang sereh
  13. Sediakan 1 lb daun jeruk
  14. Siapkan 4-5 bh cabai rawit merah
  15. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  16. Siapkan 1 bh gula merah ukuran kecil
  17. Siapkan 1 sdt garam
  18. Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk (me:totole)

Yang jelas ikannya besar dan dagingnya tebal. Cita rasa ikan manyung dimasak mangut ini memamg cocok. Berasa sekali sisa asap habis dibakar yang lalu dimasak kuah santan mangut,sehingga saat disantap masih meninggalkan harum bakar berpadu dengan gurih. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah.

Cara membuat Mangut ikan manyung asap:
  1. Haluskan bumbu lalu tumis smp matang
  2. Tambahkan cabai dan rempah lainnya. Aduk sebentar lalu masukkan santan
  3. Beri gula merah, garam, kaldu bubuk, ketumbar. Masak hingga mendidih
  4. Masukkan ikan. Masak kurleb 10 menit sambil di aduk agar santan tidak pecah. Angkat sajikan

Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair. Sedikit bau asap tercium dari kepala ikan manyung dengan bumbu mangut. Di Restoran Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat yang terletak di Cipete, Jakarta Selatan ini hidangan tersebut jadi primadona. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan manyung asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved