Resep Sayur kuah Mangut panggang ikan P Anti Gagal

Eula Harrison   02/11/2020 07:46

Sayur kuah Mangut panggang ikan P
Sayur kuah Mangut panggang ikan P

Sedang mencari inspirasi resep sayur kuah mangut panggang ikan p yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur kuah mangut panggang ikan p yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Sayur kuah Mangut panggang ikan P. Ikan P salah satu jenis ikan yg panggang yg paling di sukai d rumah kami, ikan nya tanpa duri hanya ada daging sama tulang muda, paling enak di masak kuah santan dan di santap dengan lauk krupuk sangat cocok. 😊 Sayur kuah Mangut panggang ikan P. Ikan P salah satu jenis ikan yg panggang yg paling di sukai d rumah kami, ikan nya tanpa duri hanya ada daging sama tulang muda, paling enak di masak kuah santan dan di santap dengan lauk krupuk sangat cocok. 😊 Mhan Dayani.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur kuah mangut panggang ikan p, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur kuah mangut panggang ikan p enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur kuah mangut panggang ikan p yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur kuah Mangut panggang ikan P memakai 26 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur kuah Mangut panggang ikan P:
  1. Siapkan 4 potong ikan P panggang (selain ikan P juga bisa, selera saja)
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis
  3. Ambil 4 buah tahu putih
  4. Sediakan 1 buah terong
  5. Gunakan 2 buah kara kecil
  6. Gunakan Air
  7. Sediakan secukupnya Gula pasir
  8. Sediakan secukupnya Garam
  9. Siapkan Bumbu halus
  10. Siapkan 1 ruas kencur
  11. Siapkan 3 siung bawang merah
  12. Siapkan 3 siung bawang putih
  13. Ambil 10 buah cabe rawit hijau
  14. Ambil 3 buah cabe merah kriting
  15. Sediakan 2 butir kemiri
  16. Sediakan Bumbu cemplung
  17. Gunakan 2 lbr daun salam
  18. Ambil 1 ruas jahe di geprak
  19. Sediakan 1 ruas laos di geprak
  20. Gunakan 2 lbr daun jeruk
  21. Gunakan 10 buah cabe rawet merah utuh
  22. Gunakan 2 buah cabe merah besar potong serong
  23. Sediakan 2 buah cabe hijau besar potong serong
  24. Siapkan Pelengkap
  25. Gunakan Bawang merah goreng buat taburan
  26. Siapkan Kerupuk

Mangut paling enak kalo pake ikan yang diasap tp repot juga kalo kudu bikin ikan asap di rumah ya. Jadilah ini bikin pake ikan goreng. Jenis ikan asap yang dipakai boleh apa saja. Emang sih menggunakan ikan lele itu bisa menjadi alternative bahan baku dalam pembuata mangut, tapi menurut saya rasa yang didapat jauh lebih enak menggunakan ikan asap pari atau manyung, karena tekstur daging dari kedua ikan ini sangat guruh sehingga sangat cocok dengan kuah dan bumbu dengan cara masak di mangut.

Langkah-langkah membuat Sayur kuah Mangut panggang ikan P:
  1. Siapkan bahan bahan
  2. Cuci ikan panggang, rendam sebentar dengan air jeruk nipis biar tdk amis
  3. Potong tahu, goreng sebentar
  4. Goreng ikan
  5. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan bumbu cemplung aduk sampai layu,
  6. Masukan ikan dan tahu yg sudah di goreng ke dalam tumisan bumbu aduk rata, tambahkan gulapasir, garam dan air tutup biarkan mendidih
  7. Setelah mendidih masukan santan kara aduk rata, tes rasa
  8. Kupas terong potong potong sesuai selera cuci,
  9. Masukan terong ke dalam sayur aduk rata biarkan terong agak layu dan sayur mendidih
  10. Sajikan sayur dalam mangkok saji dengan di lengkapi taburan bawang goreng, sayur siap di nikmati dengan krupuk sebagai pelengkap nya..

MANGUT/ PANGGANG IKAN // MASAK DENGAN TEMPE. Kebetulan dapat ikan gabus asap, oleh-oleh Bapa dari luar kota. Awalnya sempet bingung mau diolah jadi apa. Tiba-tiba, entah kenapa yang ada di pikiran saya ya pengen dibikin jadi mangut aja. Padahal, seumur-umur saya belum pernah makan yang namanya mangut. bumbu sayur mangut terong ungu.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur kuah mangut panggang ikan p yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved