Cara Gampang Menyiapkan Mangut Manyung Semarang Anti Gagal

Roger White   06/12/2020 01:31

Mangut Manyung Semarang
Mangut Manyung Semarang

Sedang mencari inspirasi resep mangut manyung semarang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut manyung semarang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

If you are looking for a traditional culinary challenge, here is the place. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. that is very spicy to some people but even then you can hardly stop eating it.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung semarang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut manyung semarang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut manyung semarang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Manyung Semarang memakai 14 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Manyung Semarang:
  1. Siapkan 10 potong Ikan Manyung Panggang
  2. Gunakan 5 potong Tahu, potong dadu
  3. Gunakan 3 buah terong hijau, potong 3 cm
  4. Sediakan Bumbu
  5. Siapkan 12 siung bawang putih
  6. Sediakan 8 siung bawang merah
  7. Gunakan 2 ptg kencur 3 cm-an
  8. Ambil 3 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 6 iris lengkuas, digeprak
  10. Sediakan 2 lembar daun salam
  11. Gunakan Cabe Rawit Merah(biasanya disebut : cabe setan😁)
  12. Sediakan secukupnya Garam, Gula,
  13. Gunakan 2 sachet Kaldu Jamur (atau. Sesukanya)
  14. Ambil 2 sachet santan instan

Ikan manyung kha Bu Fat telah kesohor dan menjadi primadona kuliner di Semarang. Banyak tokoh terkenal yang singgah di rumah makan ini untuk mencicipi sensasi mangut yang pedas dan ikan manyung asap yang khas. Mangut manyung Bu Fat Semarang rupanya cukup terkenal ya. Cabangnya aja udah enak pasti lebih maknyuss makan di tempat aslinya.

Cara membuat Mangut Manyung Semarang:
  1. Goreng Ikan Manyung Asap yang sudah dibeli. Ini optional sih. Saya lebih suka digoreng dulu. Biar lebih aman dari bakteri, dll… 😁
  2. Siapkan Bumbu
  3. Haluskan bumbu. Biasanya di uleg. Tapi, ini lagi pegel tangan. Pake chopper yang ada di rumah.
  4. Tumis bumbu halus hingga kecoklatan, masukkan lengkuas, lalu tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan Terong.
  5. Setelah setengah matang terongnya, masukkan Ikannya, lalu masukkan daun jeruk, daun salam, gula, garam sedikit. Lalu masukkan santan. Setelah agak mendidih, masukkan tahu putih. Terakhir masukkan Kaldu Jamur.
  6. Saya pisahkan dengan yang tidak suka pedas. Terakhir, masukkan cabe setannya.

Mangut yang biasa kumakan itu mangut ikan pari, beneran cocok banget deh dimakan dengan pete, biasanya suka dimasak bareng ikannya. Ikan Manyung sendiri adalah ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan. Mangut merupakan gulai pedas khas Jawa. Kebanyakan bahan untuk membuat mangut adalah ikan pari asap, ataupun juga lele. Namun di Semarang ada mangut yang terbuat dari ikan manyung, memberikan sesasi rasa yang berbeda.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut manyung semarang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved