Cara Gampang Menyiapkan Balado telur bakso, Menggugah Selera

Clara Woods   23/08/2020 08:58

Balado telur bakso
Balado telur bakso

Anda sedang mencari inspirasi resep balado telur bakso yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado telur bakso yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari balado telur bakso, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan balado telur bakso enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Campurkan daging sapi yang sudah dicacah dengan adonan tepung terigu dan tepung tapioka kemudian dicampur secara merata. namun masukkan tepung kanji atau tapioka secara bertahap. Tuang putih telur telur yang sudah dikocok , beserta potongan bawang putih, merah serta daun bawangnya dan aduk secara merata Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra, Indonesia. Balado sauce is made by stir frying ground red hot chili pepper with other spices including garlic, shallot, tomato and key lime juice in coconut or palm oil.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan balado telur bakso sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Balado telur bakso memakai 17 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Balado telur bakso:
  1. Ambil 4 butir telur
  2. Gunakan 10 biji pentol bakso
  3. Sediakan 7 buah cabe rawit
  4. Gunakan 2 buah cabe merah
  5. Ambil 1 buah tomat
  6. Siapkan 5 buah bawang merah
  7. Siapkan 3 siung bawang putih
  8. Sediakan 3 buah kemiri
  9. Siapkan 2 cm lengkuas
  10. Siapkan 1 lembar daun salam
  11. Gunakan 1 lembar daun jeruk
  12. Sediakan 1 ikat daun bawang (500)
  13. Siapkan Gula
  14. Sediakan Garam
  15. Ambil Minyak
  16. Siapkan Kaldu jamur
  17. Siapkan Air

Telur sebagai bahan baku utamanya kaya akan protein, vitamin B, dan berbagai macam mineral yang penting bagi tubuh. Inilah bumbu masakan telur bulat balado yang pas dan komplit. Silahkan ikuti petunjuk resep cara membuat masakan telur bulat pedas secara lengkap. Masakan telur bumbu balado sebagai alternatif hidangan makan sehari hari.

Langkah-langkah menyiapkan Balado telur bakso:
  1. Rebus telur hingga matang kemudian goreng
  2. Belah pentol kemudian goreng
  3. Haluskan bumbu
  4. Panaskan minyak, goreng bumbu hingga harum
  5. Tambahkan air kurleb 200 tunggu hingga mendidih
  6. Masukkan bahan, tambahkan gula,garam,kaldu jamur tambahkan kecap bila perlu
  7. Masukkan irisan daun bawang
  8. Tunggu hingga air menyusut, kemudian matikan kompor
  9. Siap dihidangkan bersama sayur sop

Masakan telur bulat pedas balado merupakan salah satu olahan telur yang kerap kita temukan di menu rumah makan padang. Telur rebus untuk balado harus dalam keadaan hard-boiled atau matang sepenuhnya. Telur rebus bisa digoreng dulu, kerat ringan di sebagian telur supaya tidak meletus. Hampir semua bahan makanan bisa anda sajikan dengan bumbu sambal khas Minang ini. Agar sambalado bisa membalut dan menempel sempurna, anda sebaiknya menggoreng dulu telur hingga agak kering dan keriput bagian luarnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan balado telur bakso yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved