Resep Bolu Kukus Pisang Anti Gagal

Bruce Stevenson   31/10/2020 20:03

Bolu Kukus Pisang
Bolu Kukus Pisang

Anda sedang mencari ide resep bolu kukus pisang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus pisang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kukus pisang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bolu kukus pisang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sebaiknya menggunakan pisang raja atau pisang ambon yang sudah matang supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Lihat juga resep Bolu Pisang Kukus enak lainnya. Cara membuat bolu pisang ini pun sangat mudah, bahkan bisa dibuat oleh mereka yang masih pemula dalam hal memasak dan memanggang.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bolu kukus pisang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bolu Kukus Pisang menggunakan 11 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bolu Kukus Pisang:
  1. Siapkan 3 biji pisang barangan
  2. Gunakan 250 gr tepung terigu (segit**a biru boleh)
  3. Siapkan 100 gr gula pasir
  4. Siapkan 1 sachet susu kental manis
  5. Sediakan 150 ml air
  6. Gunakan 80 ml minyak goreng
  7. Siapkan 1/2 sdt baking powder
  8. Sediakan 1/2 sdt soda kue
  9. Gunakan secukupnya Garam
  10. Gunakan secukupnya Mesis coklat
  11. Siapkan Paper cup bolu kukus

Seperti cara membuat bolu kukus pada umumnya, bolu pisang kukus ini hanya ditambahkkan bahan campuran buah pisang, baik yang dilumatkan atau diblender. Kamu juga bisa memilih pisang sesuai selera seperti pisang kepok, pisang raja, ataupun pisang ambon. Bolu kukus pisang ini mudah dibuat, piranti memasaknya pun hanya berupa kukusan. Keunggulan lainnya adalah kue ini punya tekstur yang lembut dan lembab.

Langkah-langkah membuat Bolu Kukus Pisang:
  1. Pisang barangannya dihaluskan bersama gula n susu kental manis. Ayu halusinnya pake mixer, biar cepet n simple. Sisihkan.
  2. Di wadah lain, siapkan tepung terigu, baking powder, n soda kue. Aduk rata n ayak.
  3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit ke dalam pisang yg telah dihaluskan tadi. Secara bergantian, masukkan pula air dan minyak goreng. Lakukan sampai tepung, air, n minyaknya habis. Aduk rata perlahan.
  4. Masukkan mesis coklatnya sesuai selera. Aduk rata.
  5. Panaskan kukusan. Tutup kukusannya dibungkus dengan kain serbet bersih agar uap air tidak menetes ke bolu nya ntar.
  6. Masukkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan paper cup.
  7. Setelah kukusan bener-bener panas yg ditandai dengan uap yg banyak, masukkan bolu kukusnya. Kukus selama 20-25 menit. Jangan diintip-intip yaaa… Ntar gak mekar lhoooo….
  8. Setelah nunggu 20-25 menit, jadi deeeeh bolu kukus pisang nyaaaa…… 😄😄😄
  9. Note : Pisang apapun boleh-boleh aja yaaa… Ayu lebih suka buatnya pake pisang barangan yg sudah kematengan karena bolu pisangnya harum pisang bangeeeet… 😆😆😆

Tanpa oven, siapapun bisa membuat bolu kukus pisang yang lezat ini. Ikuti cara membuatnya, sajikan untuk cemilan sore keluarga. Resep cara membuat bolu pisang kukus, mudah tidak perlu alat seperti mixer. Bahan yang dipakai juga hemat, dan hasil kuenya itu besar. Jika bikin agak banyak, segera habiskan dalam waktu tiga hari ya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu kukus pisang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved