Langkah Mudah untuk Membuat Klepon ketan gula merah yang Enak Banget

Shawn Clayton   24/06/2020 09:55

Klepon ketan gula merah
Klepon ketan gula merah

Anda sedang mencari inspirasi resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan klepon ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon ketan gula merah memakai 5 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Klepon ketan gula merah:
  1. Siapkan 150 gr tepung ketan
  2. Ambil 2 sdm tepung beras
  3. Gunakan 100 gr gula merah sisir (sya pake 2 ukuran kecil
  4. Ambil 1/2 butir kelapa parut (dari 1 kelapa)
  5. Gunakan secukupnya air endapan daun suji dan pandan

Rasa kue klepon […] Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah - Klepon / kelepon adalah salah satu penganan tradisional Indonesia dan Malaysia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon ketan gula merah:
  1. Campur tepung ketan sama tepung beras
  2. Tambahkan air endapan daun suji pandan sedikit sedikit sampe bisa dipulut dibulat bulatkan
  3. Ambil adonan bulatkan masukan isian gula merah…(sampe habis)
  4. Siapkan air rebusan…kemudian rebus adonan tadi sampe mengapung
  5. Angkat dan gulingkan ke parutan kelapa yg sudah di kukus dan dikasih garam sedikit…
  6. Sajikan……

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat klepon ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved