Bagaimana Menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah, Enak Banget

Sophia Burke   25/11/2020 06:00

Klepon Ketan Gula Merah
Klepon Ketan Gula Merah

Anda sedang mencari ide resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan klepon ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan klepon ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah memakai 8 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Ambil Bahan Bola Ketan :
  2. Siapkan 250 gr Tepung ketan
  3. Sediakan 50 gr Tepung beras
  4. Siapkan secukupnya Air daun pandan. Bisa jg menggunakan air putih ditambah pasta pandan
  5. Gunakan Bahan isian :
  6. Siapkan sesuai selera Gula merah, disisir
  7. Sediakan Bahan balutan :
  8. Siapkan 1 butir Kelapa parut (kukus kurleb 20 menit, biar ga gampang basi)

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah membuat Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Blender daun pandan dengan air matang, lalu saring
  2. Masukkan tepung ketan & tepung beras ke dalam wadah, lalu tuangi air daun pandan sedikit demi sedikit
  3. Uleni sampai bisa dipulung. Jangan terlalu lembek nanti kleponnya gembos. Kalo terlalu kering nanti gampang bocor gulmernya
  4. Isi bagian tengahnya dengan gulmer sisir, lalu bentuk bola2, sisihkan
  5. Didihkan air, masukkan bola2 ketan. Tunggu hingga mengapung, tandanya klepon sudah matang
  6. Angkat, tiriskan, lalu gulingkan di kelapa parut. Klepon ketan gula merah siap dinikmati
  7. Sensasi meletusnya gulmer itu yg bikin ketagihan. So yummy
  8. Update foto klepon hasil bebikin terbaru

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Perpaduan tepung ketan, gula merah dan kelapa. Rasanya sangat menggiurkan, meleleh gula merahnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Klepon Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved