Resep Bubur ketan gula jawa yang Enak Banget

Hattie Carter   18/08/2020 18:29

Bubur ketan gula jawa
Bubur ketan gula jawa

Sedang mencari inspirasi resep bubur ketan gula jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bubur ketan gula jawa yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bubur ketan gula jawa, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bubur ketan gula jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Bubur Ketan Gula Merah ️ enak lainnya. The star of this dish is the black glutinous rice (ketan hitam) that has been simmered in water with pandan leaves until soft and creamy and lightly sweeten with gula jawa (Indonesian coconut palm sugar). Lihat juga resep Bubur Ketan Gula Merah ️ enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bubur ketan gula jawa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bubur ketan gula jawa menggunakan 8 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bubur ketan gula jawa:
  1. Siapkan 4 sendok penuh beras ketan putih
  2. Siapkan 1 sendok penuh beras biasa
  3. Sediakan 1/2 bagian kelapa
  4. Gunakan secukupnya gula merah
  5. Gunakan secukupnya gula putih
  6. Sediakan secukupnya garam
  7. Siapkan secukupnya air
  8. Sediakan 2 helai daun pandan

Fimela.com, Jakarta Dalam tradisi Jawa, di berbagai acara selamatan biasanya akan ada bubur merah putih. Bubur merah putih ini juga kerap disebuat sebagai bubur sengkolo. Bahan utamanya terbuat dari beras ketan. Disebut merah dan putih karena bubur ini memadukan bubur ketan dengan campuran gula mera Sajikan bubur ketan bersama santan; Bubur ketan black and white siap di nikmati.

Cara membuat Bubur ketan gula jawa:
  1. Campurkan beras ketan putih dan beras biasa kemudian rendam dalam air kurang lebih 1jam
  2. Setelah satu jam cuci bersih lalu rebus dengan 3gelas air
  3. Jika sudah mendidih dan sudah lunak masukkan gula jawa dan gula putih secukupnya sampai dirasa sudah manis ya… jika sudah Matang angkat…
  4. Lalu parut kelapa dan ambil santannya sebagai campuran makan bubur,jangan lupa rebus santan dan beri sedikit garam agar lebih gurih sistaaa…
  5. Oh iya… daun pandannya bisa direbus bersama bubur/santannya juga bleh untuk penambah aromanya agar lebih sedaaaap…
  6. Terakhir bubur dan santannya siap disajikan untuk keluarga dirumah….
  7. Selamat mencoba 😉

Lihat juga resep Bubur Ketan Merah Putih enak lainnya.. Kacang hijau, Ketan hitam, Gula jawa, Garam, Santan instan, Daun pandan, Jahe geprek, Air Dapoer Ku (Ummu Bakhtiar Wa Hafshoh) Bubur ketan ireng (uga diarani bubur pulut ireng utawa bubur Injit) yaiku panganan penutup, digawé saka beras ketan sing digodhog nganggo banyu sing akèh nganti empuk, lan biasané disaoni karo santen. Bubur ketan ireng yaiku istilah sing digunakaké ing Indonesia, utamane ing tanah Jawa. Bubur Merah Putih.. inspirasi mbak Rilla Armaliah ini bubur simpel krn g pke cmpuran beras ketan. jd cuman beras aja yg dipake. sebagian ada yg suka menambah santan kental pd bubur nya sebelum disajikan. Jenang RangRang (Bubur Ketan Putih) Jenang rangrang terbuat dari beras ketan yang ditampung dengan gula jawa sehingga warnanya pun kecokelatan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bubur ketan gula jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved