Bagaimana Membuat Klepon Ketan Gula Merah yang Enak

Amanda Paul   11/09/2020 04:53

Klepon Ketan Gula Merah
Klepon Ketan Gula Merah

Lagi mencari inspirasi resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ketan gula merah yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan klepon ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat klepon ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah memakai 10 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Gunakan 🍃Bahan Klepon :
  2. Gunakan 250 gr Tepung Ketan Putih (aq pk Rosebrand)
  3. Gunakan 50 gr Tepung Beras (aq pk Rosebrand)
  4. Sediakan 1/4 sdt garam
  5. Siapkan 240 ml air + sedikit pasta pandan (aduk rata)
  6. Ambil 🍃Bahan Isian :
  7. Sediakan secukupnya gula merah sisir
  8. Siapkan 🍃Bahan Pelapis :
  9. Gunakan 150 gr kelapa muda parut
  10. Siapkan 2 lembar daun pandan

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah membuat Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Kukus kelapa muda Parut beserta daun pandan selama kurleb 15 menit agar tidak mudah basi.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung ketan, tepung beras, dan garam aduk rata. Setelah itu masukkan larutan air+pasta pandan sedikit demi sedikit. Lalu uleni adonan dengan tangan hingga adonan mudah dipulung.
  3. 👉Tips : aduk rata air dan pasta pandan di wadah terpisah
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu isi dengan isian gula merah. Bulatkan.
  5. Siapkan panci, didihkan air lalu masukkan klepon rebus sampai matang (bila klepon matang akan mengambang). Angkat dan tiriskan airnya.
  6. Lalu gulingkan klepon di kelapa parut yg sudah dikukus tadi.
  7. Siap disajikan😍
  8. 👉Gula merahnya lumer bgt enyakk 😋

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Perpaduan tepung ketan, gula merah dan kelapa. Rasanya sangat menggiurkan, meleleh gula merahnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Klepon Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved