Langkah Mudah untuk Membuat Gemblong ketan putih gula merah yang Enak

Gabriel Caldwell   23/08/2020 13:55

Gemblong ketan putih gula merah
Gemblong ketan putih gula merah

Anda sedang mencari inspirasi resep gemblong ketan putih gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gemblong ketan putih gula merah yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gemblong ketan putih gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan gemblong ketan putih gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep Nikmat Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah - Salah satu kue khas nusantara dengan bahan dasar tepung beras ketan dengan lapisan gula merah adalah kue gemblong. Lihat juga resep Gemblong Ketan Putih enak lainnya.. Resep Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Yang Empuk Dan Lembut-Gemblong merupakan jajanan khas Nusantara yang berbahan tepung ketan dan dilapisi gula merah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan gemblong ketan putih gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Gemblong ketan putih gula merah memakai 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gemblong ketan putih gula merah:
  1. Sediakan Bahan 1 :
  2. Siapkan 250 gram tepung ketan putih
  3. Ambil 3 sdm tepung beras
  4. Gunakan 150 gram Kelapa muda parut
  5. Sediakan sedikit Garam
  6. Gunakan 65 ml Santan kara di campur air hangat sampe 200 ml
  7. Siapkan Bahan 2 :
  8. Sediakan 3 bulet gula merah
  9. Gunakan 3 sdm gula putih

Seiring dengan perkembangan jaman, gemblong tidak hanya dibuat dari bahan tepung beras ketan putih saja. Akan tetapi ada juga yang terbuat dari tepung beras hitam dan singkong. Resep gemblong ketan putih ini merupakan yang paling banyak ditemui diantara jajanan pasar. Meskipun kue tradisional ini merupakan kudapan sederhana, tapi tak sedikit juga yang menyukainya.

Cara menyiapkan Gemblong ketan putih gula merah:
  1. Campur smua bahan 1, santan nya di tuang sedikit2 sampe kalis aja,, kalo sisa nanti buat campuran gula nya
  2. Bentuk lonjong atau bulat, sesuai selera
  3. Kemudian panaskan minyak, lalu goreng.
  4. Panas kan wajan tuang bahan 2 dan sisa santan tadi, sampe jadi karamel, lalu masukan gemblong yg sudaj d goreng tadi sampe tertutup gula semua, kmudian dinginkan suhu ruangan aja.
  5. Kalo sudah kering gulanya,, siap di sajikan

Sajian enak berbalut gula ini bisa langsung Kamu nikmati dengan membuatnya di rumah sendiri. IG:@sukmawati_rs Kudapan ini terbuat dari adonan campuran tepung ketan, kelapa parut, dan santan. Adonan dibentuk kecil pipil, digoreng hingga matang, kemudian dibalur seluruh permukaannya dengan lelehan gula merah. Gemblong paling lezat disajikan dingin setelah balutan gulanya mengeras. Itulah dia cara membuat gemblong gula merah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gemblong ketan putih gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved