Cara Gampang Membuat Klepon ketan gula merah, Enak Banget

Lottie Torres   01/11/2020 09:58

Klepon ketan gula merah
Klepon ketan gula merah

Anda sedang mencari inspirasi resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ketan gula merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan klepon ketan gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat klepon ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Klepon ketan gula merah memakai 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Klepon ketan gula merah:
  1. Sediakan 125 gr tepung ketan
  2. Ambil 150 air daun pandan suji (jika memakai pewarna kue boleh)
  3. Ambil 25 gr tepung beras
  4. Gunakan Secukupnya air buat merebus
  5. Ambil Bahan isian
  6. Siapkan 75 gr gula merah sisir
  7. Ambil Bahan balutan
  8. Sediakan 1/2 butir kelapa parut, kukus sebentar agar tidak mudah basi
  9. Ambil Sejumput garam

Rasa kue klepon […] Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah - Klepon / kelepon adalah salah satu penganan tradisional Indonesia dan Malaysia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah membuat Klepon ketan gula merah:
  1. Uleni bahan bola-bola sampai bisa dibulatkan sambil ditambahkan air dan pewarna makanan hingga merata. Jangan terlalu lembek nanti kleponnya gembos, kalau terlalu kering nanti gampang bocor gulmernya.
  2. Isi bagian tengahnya dengan Gula merah sisir, lalu bentuk bola-bola, langsung masukkan ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Ini penting karena kalau dibiarkan dulu nanti gulmernya mencair dan adonan pun meleleh dengan suksesnya.
  3. Rebus bola-bola hingga mengambang, angkat, tiriskan.
  4. Gulingkan di kelapa parut yang sudah dicampur dengan garam sesuai selera.
  5. Happy xooking everyone

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Klepon ketan gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved