Bagaimana Menyiapkan Klepon ketan isi gula merah yang Sempurna

Dale Daniel   30/07/2020 13:20

Klepon ketan isi gula merah
Klepon ketan isi gula merah

Sedang mencari inspirasi resep klepon ketan isi gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan isi gula merah yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan isi gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan klepon ketan isi gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat klepon ketan isi gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon ketan isi gula merah memakai 5 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Klepon ketan isi gula merah:
  1. Gunakan 2 gelas tepung ketan
  2. Gunakan 1 gelas air hangat atau secukupnya
  3. Gunakan 100 gram gula merah di sisir halus
  4. Gunakan Kelapa parut di kukus secukup (saya pakai kelapa parut instan)
  5. Sediakan 1/4 sdt garam

Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih. Hai kali ini aku akan share resep kue klepon ketan gula merah yang kenyal dan enak. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon ketan isi gula merah:
  1. Campurkan tepung ketan + air, uleni sampai kalis
  2. Kukus kelapa parut tambahkan 1/4 sdt garam, aduk hingga rata, kukusnya sebentar saja kira kira 10 - 15 menit
  3. Ambil sedikit demi sedikit adonan dan bulatkan,lakukan hingga habis
  4. Ambil bulatan adonan pipihkan isi dengan gula merah yang sudah di sisir tadi kemudian bulatkan lagi, lakukan hingga adonan habis
  5. Sesudah itu didihkan air, setelah air mendidih masukkan adonan yang sudah di isi gula merah kedalam air yang mendidih tadi, jika sudah mengambang itu pertanda adonan sudah matang, kemudian angkat dan baluri dengan parutan kelapa yang sudah di kukus tadi
  6. Klepon ketan isi gula merah siap di sajikan

Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Klepon ketan isi gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved