Cara Gampang Menyiapkan "klepon ketan isi gula merah", Menggugah Selera

Cynthia Newton   24/08/2020 13:56

"klepon ketan isi gula merah"
"klepon ketan isi gula merah"

Lagi mencari inspirasi resep "klepon ketan isi gula merah" yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal "klepon ketan isi gula merah" yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah - Klepon / kelepon adalah salah satu penganan tradisional Indonesia dan Malaysia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari "klepon ketan isi gula merah", pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan "klepon ketan isi gula merah" yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan "klepon ketan isi gula merah" sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat "klepon ketan isi gula merah" menggunakan 6 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan "klepon ketan isi gula merah":
  1. Siapkan 250 gr tepung ketan
  2. Ambil 1/4 sdt garam
  3. Ambil 1/4 butir kelapa (parut)
  4. Gunakan Gula merah secukupnya (sisir halus)
  5. Ambil secukupnya Santan hangat
  6. Siapkan 2 sdm minyak goreng

Selain itu, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan resep tradisional nusantara ini. Resep klepon Ketan Isi Gula Merah Yang Kenyal dan Gurih. Resep klepon - Klepon atau kelepon merupakan sejenis kue tradisional Indonesia yang tergolong dalam kelompok jajanan pasar. Kue tradisional ini dapat dengan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional dengan harga yang relatif murah.

Langkah-langkah menyiapkan "klepon ketan isi gula merah":
  1. Parut kelapa lalu kukur kurang lebih 15 menit
  2. Sisir halus gula merah
  3. Campurkan tepung ketan ~ garam ~ minyak ~ santan hangat secukupnya uleni sambil tambahkan pewarna makanan uleni sampai kalis
  4. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan tambahkan gula merah ditengahnya lalu bentuk bola bola rebus air sampai mendidih masukan bola bola masak sampai mengapung lalu angkat dan tiriskan
  5. Taruh bola bola diatas kelapa gulung gulung dikelapa
  6. Lalu sajikan

Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah - Kue basah ini disebut klepon atau beberapa daerah menyebutnya dengan Onde-onde, sedangkan di sebahagian lain onde-onde adalah kue dari tepung beras ketan yang dilapisi wijen. Klepon yang dimaksud berbentuk bola-bola kecil bertekstur kenyal dan lembut berbalut parutan kelapa yang memiliki banyak varian bahan dan isi yang digunakan. Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti; bikang, onde-onde, lumpia, tahu isi, pisang goreng, apem, cenil, risoles, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya, ada jajanan pasar tradisional nggak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi, ialah klepon. Resep Cara Membuat Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk mencoba membuat kue klepon isi gula merah. Kue klepon adalah salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari negara Indonesia asli.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan "klepon ketan isi gula merah" yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved