Langkah Mudah untuk Menyiapkan Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah, Lezat

Milton Gibbs   11/09/2020 03:35

Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah
Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah

Sedang mencari ide resep wajik cinta_wajik ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal wajik cinta_wajik ketan gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah. Akhirnya berani juga buat panganan khas Jawa ini 😍😍 Dan biasa di request untuk acara hantaran lamaran atau nikah Ternyata simple ya buatnya 😍 Cekidot Resep Wajik Ketan Gula Merah. Punya sisa beras ketan, pgn bgt bikin wajik.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wajik cinta_wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan wajik cinta_wajik ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat wajik cinta_wajik ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah memakai 8 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah:
  1. Ambil 2 kg beras ketan putih
  2. Ambil 1 kg gula merah
  3. Ambil 500 gr gula pasir
  4. Ambil 6 lbr daun pandan
  5. Gunakan 10 lbr daun jeruk
  6. Ambil 1 ltr santan kental
  7. Ambil 4 sdt garam
  8. Ambil 100 ml air utk mencairkan gula merah

Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Hai semua kali ni saya membuat makanan tradisional wajik ketan gula merah yang enak dan legit banget. simak ya cara membuat wajik ketan gula merah Please fo. Cara Membuat Wajik Ketan Legit Gula Merah - Wajik ketan adalah salah satu nama makanan tradisional khas dari Indonesia.

Langkah-langkah membuat Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah:
  1. Cuci bersih beras ketan putih dan rendam selama semalaman atau min 3 jam, sisihkan
  2. Panaskan kukusan, tiriskan beras ketan, masukkan dalam kukusan yg sudah mendidih airnya. Kukus selama 30menit (sampai ketan masak)
  3. Bersama itu cairkan gula merah yang sudah di iris halus sebelumnya, setelah larut saring gula merah cairnya
  4. Panaskan santan bersama daun pandan, sampai mendidih lalu masukkan cairan gula merahnya dan masukkan ketan yang sudah masak tadi,lalu tambahkan gula pasir dan daun jeruk yg sudah di cuci dan buang tulang daunnya. Masak sampai kental dan berminyak dan kalis. Matikan api
  5. Setelah masak siapkan wadah yg sudah di oles minyak dan lapisi plastik jika memungkinkan. Sisihkan dan dinginkan sampai saatnya dikeluarkan dari loyang
  6. Saat memasukkan dalam loyang,padat2kan ketannya agar tidak ada udara yang terjebak di dalamnya. Biarkan sampai dingin dan siap di hidangkan.

Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik. Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap kecoklatan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat wajik cinta_wajik ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved