Resep Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur Anti Gagal

Manuel Goodman   02/12/2020 19:13

Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur
Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur

Anda sedang mencari ide resep ketan srikaya gula merah tanpa telur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ketan srikaya gula merah tanpa telur yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur Jajanan tradisional ini selalu diminati byk org dan mudah buatnya. Ketan kukus yg gurih lembut dan kenyal dilapisi adonan srikaya yg harum yg bisa buat ketagihan. Resep Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ketan srikaya gula merah tanpa telur, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ketan srikaya gula merah tanpa telur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ketan srikaya gula merah tanpa telur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur menggunakan 13 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur:
  1. Ambil 🌸 Bahan 1 :
  2. Gunakan 400 gr beras ketan
  3. Siapkan 350 ml santan (kekentalan sedang)
  4. Ambil 1 sdt garam halus
  5. Siapkan 2 lembar daun pandan (simpulkan)
  6. Gunakan 🌸 Bahan 2 :
  7. Sediakan 150 ml santan (kekentalan sedang)
  8. Sediakan 30 gr / 2 SDM tapioka
  9. Ambil 80 gr / 5 SDM tepung beras
  10. Siapkan 15 gr / 1 sdm tepung beras (tambahan dr saya)
  11. Sediakan 1/2 sdt garam
  12. Siapkan 1 sdt vanila
  13. Siapkan 150 gr gula merah

Ambil talenan, lalu mulailah menyisir gula merah hingga habis. Masukkan ke dalam panci bersama air dan daun pandan. Panaskan panci dan biarkan sampai seluruh bahannya larut menjadi satu. Setelah itu, masukkan sirup gula merah ke dalam wadah.

Cara membuat Ketan Srikaya Gula Merah Tanpa Telur:
  1. Cuci bersih ketan, lalu rebus dgn santan, garam, dan daun pandan, aduk jgn spi gosong bawahnya, setelah susut santan angkat.
  2. Kukus ketan selama 30 menit, angkat.
  3. Selagi hangat ketan ratakan diloyang segi empat dan padatkan
  4. Tuk bahan kedua kita iris gula merah dan blender dgn santan
  5. Tambahkan bahan lainnya, aduk lalu saring
  6. Tuang ke atas ketan
  7. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang.
  8. Angkat dan dinginkan.
  9. Potong-potong dan sajikan

Lihat juga resep Srikaya gula merah enak lainnya. Resep Kue Ketan Srikaya Gula Merah. kue ketan srikaya gula merah adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari sumatra barat, khususnya minangkabau. Meskipun begitu kue ketan srikaya bisa kita temui diseluruh pelosok nusantara, tak terkecuali di daerah Anda bukan ? tetapi sayangnya saat ini sudah jarang kita temui dipasar-pasar tradisional, mungkin sudah tergantikan oleh berbagai. Biasanya bikin srikaya ala ala Palembang yang pake daun suji, pandan dan makannya dengan ketan. Sekarang pengen bikin srikaya gula merah :-).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ketan srikaya gula merah tanpa telur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved