Resep Lupis ketan gula merah, Lezat Sekali

Gregory Palmer   19/07/2020 16:25

Lupis ketan gula merah
Lupis ketan gula merah

Sedang mencari ide resep lupis ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lupis ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sajikan lupis dengan kelapa parut dan taburkan saus gula merah. JAKARTA, iNews.id - Kue Lupis menjadi salah satu jajanan pasar yang populer banyak dicari masyarakat. Kue yang dibuat dengan beras ketan ini paling enak disantap dengan kuah gula merah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lupis ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan lupis ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan lupis ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Lupis ketan gula merah memakai 6 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Lupis ketan gula merah:
  1. Gunakan 1 kg beras ketan
  2. Sediakan 1 butir kelapa parut
  3. Siapkan secukupnya Daun pisang
  4. Siapkan Tali untuk mengikat
  5. Gunakan Perisai pandan
  6. Sediakan Gula merah

Lupis sudah siap disajikan, ambil lupis, taburi dengan kelapa parut, lalu siram dengan saus gula merah. Lupis ketan hitam siap disantap bersama. Cara menyajikan lupis ketan yaitu dengan cara buka bungkus kue lupis, taburi atau gulingkan ke kelapa parut yang telah dikukus. Rebus gula merah,gula pasir,daun pandan dan air hingga larut dan mendidih dengan api sedang.

Cara membuat Lupis ketan gula merah:
  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam 1 jam, kemudian cuci kembali kemudian tiriskan, parut kelapa kasih sedikit garam kemudian kukus sebentar
  2. Cuci bersih daun pisang, kemudian kukus sebentar biar nga keras atau mudah sobek, bikin selembaran
  3. Campur, beras ketan, dan kelapa parut, beri perisai pandan, aduk sampai rata, kemudian bungkus, satu per satu, setelah selesai, rebus kurang lebih 1 jam, jika air rebus an, berkurang, tambah lagi,kalau kira "sudah matang tutup dan biarkan sampai dingin kemudian tiriskan
  4. Untuk saus :Rebus gula merah, yang kental biar kelihatan cantik seperti madu,kelapa parut yang sudah di kukus,
  5. Cara menghidangkan buka daun pisang taruh di piring taburi kelapa parut yang sudah di kukus dan kasih garam sedikit, kemudian gula merah, lupis ketan gula merah siap di hidang kan, demikian resep dari saya, silahkan mencoba buntik

Makanan khas Nusantara dari jenis kue tradisional, banyak menggunakan tepung ketan. Perpaduan rasa manis dan gurih, serta tekstur kenyalnya sering kali membuat lidah ketagihan. Apalagi bila disantap sembari bersantai, ditemani secangkir teh hangat atau kopi. Berikut beberapa resep kue tepung ketan lezat, kenyalnya menggiurkan dan bikin ketagihan. Cari produk Makanan Manis lainnya di Tokopedia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Lupis ketan gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved