Cara Gampang Menyiapkan Bubur ketan putih gula merah yang Bisa Manjain Lidah

Lura Burgess   30/07/2020 22:06

Bubur ketan putih gula merah
Bubur ketan putih gula merah

Sedang mencari ide resep bubur ketan putih gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur ketan putih gula merah yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bubur ketan putih gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bubur ketan putih gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Kalo lagi ujan ujan gini, anakku pengennya ngemil. Nah, berhubung tadi buka isi lemari aku menemukan ketan ,gula merah dan santan. Wah, bisa jadi kudapan minum teh sore nih.yuk disimak, kali ini aku buat Bubur Ketan Gula Merah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bubur ketan putih gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bubur ketan putih gula merah memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bubur ketan putih gula merah:
  1. Gunakan 150 gr ketan putih
  2. Gunakan Santan encer
  3. Ambil Santan kental
  4. Siapkan 150 gr gula merah, sisir
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Gunakan secukupnya Vanili
  7. Siapkan Daun pandan, ikat simpul

Bubur merah putih atau orang Jawa menyebutnya 'bubur abangputih' ini memang sudah menjadi tradisi Jawa. Jika nasi megono biasa digunakan saat pindah rumah atau menempati rumah baru, 'bubur abangputih' ini biasanya digunakan pada saat memberikan. Cara membuatnya, masak terlebih dahulu ketan yang sudah direndam selama satu jam dengan kukusan atau rice cooker biasa. Dalam panci, rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air.

Langkah-langkah membuat Bubur ketan putih gula merah:
  1. Rendam beras ketan kurang lebih 1jam
  2. Rebus ketan dan santan encer + daun pandan
  3. Sementara itu sambil memasak bubur ketan, masak gula merah dgn air hingga mencair lalu saring lalu dimasukkan ke dlm bubur ketan masak hingga menjadi bubur
  4. Santan kental td untuk siraman bubur, cara membuatnya rebus santan ditambah sedikit garam dan vanilli hingga mendidih.
  5. Sajikan bubur dengan siraman santan

Aduk hingga tercampur rata dan mendidih. Masukkan ketan yang sudah matang dalam rebusan santan. Beberapa orang biasanya menambahkan gula merah agar bisa menambahkan rasa manis, ini karena memang berasnya cocok ditambahkan gula merah atau bisa juga sambal kacang. Manfaat Beras Ketan Putih Untuk Diabetes. Bagi penderita diabetes, tentunya mengkonsumsi apapun harus sangat diperhatikan agar tidak berpengaruh buruk pada kenaikan gula darah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bubur ketan putih gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved