Resep Talam Ketan Gula Merah Anti Gagal

Maggie Vega   19/06/2020 05:25

Talam Ketan Gula Merah
Talam Ketan Gula Merah

Sedang mencari inspirasi resep talam ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal talam ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Talam (pronounce TA-LUM) is a Malay word for tray. It is customary to serve this "tray steam cake" in bite size, not the whole tray :P! Commonly found in Malaysia and Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari talam ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan talam ketan gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan talam ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Talam Ketan Gula Merah memakai 12 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Talam Ketan Gula Merah:
  1. Sediakan Bahan Dasar
  2. Sediakan 125 gr ketan di rendam 1-2 jam
  3. Sediakan 1 lembar daun pandan
  4. Gunakan 1/4 sdt garam
  5. Ambil Bahan Gula Merah
  6. Sediakan 50 gr gula merah
  7. Ambil 2 .sdm gula pasir, resep asli tidak pakai
  8. Gunakan 150 ml santan kental sedang
  9. Gunakan 3,5 sdm tepung terigu
  10. Sediakan 1/2 sdm maizena
  11. Gunakan 1 butir telur
  12. Sediakan 1/2 sdt garam

Suami bilang, bikin ketan yang ada gula merah dan kelapa. Cuma si istri tidak mendengarkan, malah sibuk browsing internet mencari yang lain. Bertemulah resep kue Kue Ketan Gula Merah. Fotonya menggiurkan, dan bahannya juga super… Resep Kue Talam Ketan - Kue menjadi salah satu hidangan yang umum ditemukan nyaris pada saat acara apa saja, mulai dari ulang tahun, pernikahan, camilan di sore hari sampai dengan upacara adat.

Langkah-langkah menyiapkan Talam Ketan Gula Merah:
  1. Bahan dasar : rendam beras ketan selama 2 jam
  2. Kukus beras ketan yang sudah di rendam dan daun pandan kira2, 30 menit, angkat
  3. Masukkan ke dalam santan tambahkan garam aduk rata, kukus lagi sampai masak
  4. Masukkan kedalam loyang yang sudah di oles dengan minyak goreng dan plastik tekan 2 ketan supaya padat
  5. Bahan Gula Merah : Campur bahan gula merah masak dengan api kecil jangan sampai kental angkat
  6. Masukan lapisan gula merah ke atas ketan kukus, kukus lagi selama 30 menit atau sampai lapisan gula merah keras angkat

Kue bisa kita beli dalam keadaan siap santap ataupun kita olah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko dan pasar tradisional. Mendengar dia memberitahu keenakan kuih ini menjadikan saya memang tak sabar untuk. Kalau ke pasar malam kuih talam gula melaka ni pasti ada. Sememangnya kuih lama ini memang disukai ramai. Rasa kuih tepung talam ini manis dan berlemak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Talam Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved