Cara Gampang Membuat Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah, Lezat Sekali

Fanny Jenkins   28/09/2020 12:21

Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah
Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep bubuh gendar/bubur ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bubuh gendar/bubur ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kalo di tempat Saya di Bali bubur ketan ini lebih dikenal dengan nama bubuh Gendar ☺☺ Meilisa Manurung. Niat hati mau bikin ketan serundeng, eh ketannya kebanyakan air. jadilah bubur jenang ini Resep Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah. Kalo di tempat Saya di Bali bubur ketan ini lebih dikenal dengan nama bubuh Gendar ☺☺ Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubuh gendar/bubur ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bubuh gendar/bubur ketan gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bubuh gendar/bubur ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah:
  1. Ambil 250 gr ketan, rendam semalaman
  2. Sediakan 1 1/2 liter santan
  3. Ambil 200 gr gulmer
  4. Sediakan 50 gr gulpas
  5. Ambil Sejumput garam
  6. Ambil 3 lembar daun pandan
  7. Sediakan Pelengkap:
  8. Siapkan Kelapa parut+sedikit garam

Akan tetapi, dalam resep tersebut kita akan lebih mudah mempelajari cara membuat bubur sumsum yang enak dan lembut karena disertai beberapa tips yang sebaiknya diketahui. Terbuat dari ketan hitam dengan kuah yang terdiri dari santan dan gula, kudapan ini memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa wilayah di Indonesia. Di Bali, dikenl dengan bubuh injin. Sedangkan di Sumatera dikenal dengan nama pulut.

Cara membuat Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah:
  1. Masak ketan, santan, gulmer, gulpas, garam dan daun pandan dengan api sedang, aduk2(aduk2nya agak sering yah, skalian ngecek apa ketannya Idaho matang)
  2. Tanda ketan sudah matang ada letupan2 yah bisa juga diicip apa ketannya sudah cukup lembek.
  3. Penyajian: siapkan piring ambil bubur lalu taburi kelapa parut yg sudah diberi sedikit garam.

Ketan hitam dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Cincang gula merah lalu masak dengan api kecil. Masukkan selembar daun pandan, tambahkan air secukupnya. Sajikan bubur sumsum dengan cara ambil adonan lalu tuang gula merah dan kuah santan. Bubur/bubuh yang berasal dari daerah Tejakula , Bon Dalem, Kabupaten Buleleng ini rasanya pedas dan kaya akan bumbu.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bubuh Gendar/Bubur Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved