Langkah Mudah untuk Membuat Wajik Ketan Gula Merah Anti Gagal

Maria Schultz   18/07/2020 02:01

Wajik Ketan Gula Merah
Wajik Ketan Gula Merah

Sedang mencari inspirasi resep wajik ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik ketan gula merah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan wajik ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat wajik ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Wajik Ketan Gula Merah menggunakan 7 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah:
  1. Ambil Bahan :
  2. Siapkan 500 gr ketan putih
  3. Gunakan 500 ml santan
  4. Siapkan 200 gr gula merah
  5. Ambil 50 gr gula putih
  6. Sediakan 2 lembar daun pandan
  7. Sediakan 1/2 sdt garam

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah:
  1. Rendam ketan 2 jam atau lebih, kemudian tiriskan
  2. Kukus sampai setengah matang
  3. Masak santan, gula merah yg sudah disisir, gula pasir, daun pandan dan garam sampai mendidih dan agak kental, kemudian saring
  4. Masukkan ketan yg sudah dikukus, masak sampai santan menyusut
  5. Masukkan dalam loyang yg sudah dialasi daun pisang dan oles minyak goreng, sambil ditekan* ya biar padat, iris setelah dingin

Nah, berikut adalah beberapa macam wajik yang populer di Indonesia: Wajik ketan; Sama seperti namanya, wajik jenis satu ini berasal dari beras ketan. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik. Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Wajik Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved